Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Agu 2019 11:57 WIB

Tinjau Bandara Kulon Progo, Jokowi: Lebaran Bisa Beroperasi Penuh

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom.
Kulon Progo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam serta sneakers warna hitam kombinasi putih.

Jokowi tiba bersama rombongan sekitar jam 10.00 WIB. Tampak dalam rombongan itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.


Sesampainya di Bandara Kulon Progo, Jokowi beserta rombongan disambut Menteri PerhubungannBudi Karya Sumadi dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Selanjutnya, Jokowi beserta rombongan menuju terminal di lantai 3 untuk meninjau progres pembangunan YIA.

"Bandara yang sangat besar sekali, Terminalnya 219 ribu meter persegi yang bisa menampung 20 juta penumpang per tahun. Di mana sebelumnya Adi Sucipto hanya 1,8 juta dan sekarang 20 juta, lompatannya berapa kali. Dari 1,8 menjadi 20 juta, sudah jadi bayangkan," ujar Presiden Jokowi disela-sela meninjau Terminal lantai 3 YIA di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (29/8/2019).


Progres pembangunan YIA secara penuh hampir rampung. Operasi penuh bandara bisa dilakukan setelah Lebaran tahun depan.

"Nanti akan diselesaikan Desember (pembangunan fisik YIA), kemudian plus nanti dihubungkan dengan Kereta (Api) selesai (bulan) Maret, setelah itu Lebaran sudah bisa operasi full 100%," kata Jokowi.

Simak Video "Bandara YIA di Kulon Progo Resmi Beroperasi untuk Penerbangan Komersial"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com