Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Sep 2019 06:20 WIB

Tender Tol Solo-Yogya dan Bawen-Yogya Diumumkan Pekan Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa tender investasi jalan tol Solo-Yogyakarta dan tol Bawen-Yogyakarya akan diumumkan pekan ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pengumuman pemenang tender ini akan berdampak pada percepatan pembangunan akses kepada Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

"Minggu ini kita akan umumkan tender investasi tol Solo-Yogyakarta dan tol Bawen-Yogyakarta," kata Danang saat diskusi dengan media di Bandung, Jawa Barat, Rabu malam.


Bandara YIA yang berada di Kulon Progo ini membutuhkan akses seperti jalan tol Solo-Yogyakarta dan tol Bawen-Yogyakarta. "Ini akan bertemu ke Kulon Progo, dsri Kulon Progo ada akses ke bandara," ujarnya.

Dapat diketahui, proyek tol Solo-Yogayakarta dilelang awal September atau pekan depan. Proyek tol ini akan melewati Solo-Prambanan-Bandara Kulon Progo. Targetnya akan dibangun pada akhir tahun ini.


Sementara untuk tol Bawen-Yogyakarta, mengutip laman KPPIP, tol ini memiliki panjang 71 km. Nilai investasi tol ini sebesar Rp 12,13 triliun.

Adapun skema pendanaan menggunakan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Lalu, konstruksi direncanakan pada tahun ini dan ditargetkan operasi 2021.


Tender Tol Solo-Yogya dan Bawen-Yogya Diumumkan Pekan Ini


Simak Video " Menilik Jalan Tol Pertama di Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com