Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 16:27 WIB

Gerbong Kereta Cepat JKT-BDG dari China Tiba di RI 2020

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. KCIC Foto: Dok. KCIC
Jakarta - Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sedang dirakit di China oleh CRRC Qingdao Sifang. Targetnya rangkaian kereta tersebut tiba di Indonesia 2020 mendatang.

Operation and Maintenance Officer PT KCIC Budi Cai mengatakan, totalnya ada 11 unit kereta, masing-masing terdiri dari 8 gerbong yang akan dikirim ke Indonesia. Untuk progres pengerjaannya belum bisa dia sampaikan.

"(Progres) itu belum bisa kita sampaikan secara jelas di sini. Tapi ini sudah ada targetnya, kereta ini akan sampai di Indonesia itu 2020," kata dia ditemui di pameran Indotrans Expo 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (13/9/2019).



Sebanyak 11 rangkaian kereta akan dikirim ke Indonesia secara bertahap dalam waktu yang berdekatan. Targetnya seluruhnya akan tiba di Indonesia sebelum 2021.

"Jadi memang bertahap tapi maksudnya dia berdekatan semua. Jadi kita pastikan bahwa sebelum kita masuk ke tahap operasional di tahun 2021, ini 11 unit kereta sudah sampai semua," paparnya.

Setibanya di Indonesia, rangkaian kereta tersebut harus dipasang lagi menjadi satu-kesatuan.

CRRC Qingdao Sifang adalah salah satu produsen besar kereta cepat di China. Luas pabrik pembuatan kereta berkecepatan tinggi ini bahkan mencakup area 248 lapangan sepak bola.



Simak Video " Kereta Cepat 2021 Beroperasi , Menteri BUMN: Bangun Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com