Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 18:09 WIB

Jajal KRL Pakai LinkAja, Rini Sempat 'Gaptek'

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Candra - detikcom Foto: Ardan Adhi Candra - detikcom
Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno sempat kesulitan saat hendak melewati gerbang pembayaran kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Juanda. Pasalnya QR Code LinkAja yang dia gunakan pada mesin pembaca di stasiun tak terbuka lancar seperti menggunakan kartu biasa.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (1/10/2019), Rini sempat kesulitan masuk gate KRL. Ia pun mengulangi pembayaran melalui smartphone. Selain Rini, sejumlah pejabat BUMN juga mengalami hal serupa.

Rini bilang, kesulitannya melakukan tapping lantaran Ia dan pejabat lainnya tak familiar dengan cara scan QR code seperti kebanyakan saat ini. Pasalnya, untuk mengakses LinkAja sebagai transaksi pembayaran KRL, dibutuhkan pengetahuan terkait pengoperasian gadget.


"Maklum lah, (saya) ini kolonial. Jadi urusan IT-IT agak bego. Jadi kan karena saya khawatir, tadi sebelum turun ke bawah sudah gini (kocok HP) dulu, aku pegangin saja sebelum sampai (gate)," kata Rini.

Memang, perlu jeda waktu tertentu untuk membuat barcode pada aplikasi LinkAja secara otomatis mengalami refresh. Hal ini sebagai bentuk antisipasi penyalahgunaan oleh pemegang kode tersebut.

Rini sendiri beserta rombongan melakukan perjalanan ke Stasiun Jakarta Kota. Uji coba penggunaan LinkAja untuk Commuter Line atau KRL ini juga dihadiri Direktur Utama KCI Ibu Wiwik Widayanti, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur LinkAja Danu Wicaksono, serta beberapa pejabat lainnya.



Simak Video "LinkAja Terus Ekspansi Bisnisnya dari MRT hingga Go-Jek"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com