Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 17:14 WIB

RI Lanjutkan Proyek Tanggul Pencegah Banjir Jakarta Bareng Belanda

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Indonesia akan kembali bekerja sama dengan Belanda dalam proyek Pengembangan Terpadu Pesisir Ibukota Negara atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui usai bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Senin (7/10/2019).

"Ini sudah sejak tiga tahun lalu bersama sama dengan Korea Selatan. Akan selesai Juli 2020 tapi kita teruskan" kata Basuki.

NCICD merupakan tanggul raksasa yang bertujuan untuk melindungi Kota Jakarta untuk jangka pendek, menengah hingga jangka panjang dari krisis air baku dan risiko banjir akibat fenomena penurunan permukaan tanah di Utara Jakarta. Pada tahap awal untuk mengurangi risiko banjir, banjir rob dan mencegah penurunan permukaan air tanah kota Jakarta dibangun tanggul laut sepanjang 20,1 km untuk melindungi area kritis.

Pembangunan tanggul fase darurat tersebut dibagi atas pembangunan tanggul sepanjang 4,5 km oleh Kementerian PUPR yang telah rampung pada tahun 2018 dan selebihnya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan partisipasi pihak swasta di daerah kritis tersebut.

Basuki bilang kerja sama dengan Belanda kali ini akan terkait pencarian pembiayaan proyek NCICD.

"Kalau ini dia (Belanda) mencarikan skema pembiayaan untuk NCICD. Korea untuk teknisnya. Semacam wealth fund, saya kira begitu," jelas Basuki.


Selain proyek NCICD, pemerintah juga akan bekerja sama terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM). Hal ini sesuai dengan misi pemerintah membangun SDM unggul dan maju menuju Indonesia 2045.

"Jadi untuk vokasional terutama saya minta, karena PU sedang banyak menerima tenaga-tenaga muda diharapkan pengembangan SDM di PU, termasuk saya juga minta adviser untuk politeknik PU yang dibangun di Semarang. Beliau (Mark Rutte) menyetujui," kata Basuki.

Adapun sejak Oktober 2014, melalui kerja sama dengan Pemerintah Belanda, Master Plan NCICD telah diselesaikan dengan tiga tahap pembangunan. Yaitu Tahap A dengan memperkuat tanggul yang ada, Tahap B dan Tahap C adalah konstruksi pembangunan tembok laut dan retensi luar kolam. Nantinya, NCICD tidak hanya untuk mengamankan Jakarta dari banjir, tapi juga sebagai sumber air baku untuk masyarakat dengan menjaga kualitas air.



Simak Video "Sekte Akhir Zaman Ditemukan 9 Tahun Mengisolasi Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com