Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 17:00 WIB

Kereta LRT Jabodebek Diuji Coba Cibubur-Cawang 18 Oktober

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kereta moda Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek sudah datang dan akan segera diuji coba. Uji cobanya direncanakan pada 18 Oktober 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba akan dilakukan selama satu bulan. Uji coba dilakukan sepanjang Cibubur-Cawang.

"Ini yang tahap pertama satu bulan dulu, bertahap lah kan ada 31 train set yang akan datang. Tanggal 18 (Oktober) sampai 18 November ini tahap pertama," ungkap Budi Karya di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).


Dia mengatakan uji coba dilakukan untuk masing-masing kereta LRT Jabodebek. Dengan begitu diperkirakan dibutuhkan waktu satu tahun untuk melakukan uji coba semua rangkaian kereta.

"Bertahap (semua kereta dicoba), kita akan detail. Pengalaman kita di Palembang itu uji coba setahun, waktu itu lebih awal operasinya. Nanti sebulan sekali akan ada pengiriman keretanya," kata Budi.


Budi Karya menegaskan bahwa Cibubur-Cawang tidak akan dioperasikan terlebih dahulu meskipun progresnya paling maju. Pengoperasian LRT Jabodebek dilakukan serentak pada November 2021.

"Ini bersamaan kita selesaikan sarana dan konstruksinya juga. Pokoknya November 2021 kita operasi semua," kata Budi.

Kereta LRT Jabodebek Wira-wiri Cibubur ke Cawang 18 OktoberFoto: Grandyos Zafna


Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com