Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Okt 2019 13:15 WIB

Laporan dari Bangkok

Asyik! 2020 Bakal Ada Wifi Gratis di Kereta Argo Parahyangan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dony Indra/detikcom Foto: Dony Indra/detikcom
Bangkok - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kini tengah mengincar pasar penumpang milenial. Salah satu cara untuk menggaet milenial, ialah dengan menyediakan layanan WiFi selama perjalanan di dalam kereta.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan dari data yang dimilikinya, kaum milenial menjadi potensi pasar yang tinggi untuk perseroan. Dalam catatannya, saat ini ada sebanyak 80 juta kalangan milenial yang menggunakan kereta per tahun.

"Ini kan angka yang tidak main-main, pasar besar. Dan milenial ini adalah orang-orang yang generasi sekarang senang travel, mereka suka jalan, ambil spot bagus, foto, menulis di Facebook," kata Edi di sela kegiatan ARCEO ke-41 di Centara Grand Central Plaza Ladprao, Bangkok, Thailand, Selasa (29/10/2019).

Untuk itu, kata Edi, pihaknya memiliki strategi khusus agar bisa terus menjaring dan memperluas pasar milenial. Salah satunya dengan menyediakan layanan WiFi selama perjalanan kereta.

"Nah nanti kita upayakan kalau bisa di sepanjang jalur itu sudah bisa pakai WiFi. Sehingga milenial ini sambil jalan, travel 6 jam 3 jam, mereka tidak akan merasa apa-apa karena mereka menikmati dengan menggunakan WiFi yang free," katanya.



Edi mengatakan langkah untuk menyediakan WiFi di kereta sudah diujicoba oleh perseroan. Adapun kereta yang sudah diujicoba ialah KA Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung.

"Kita sedang kaji Jakarta-Bandung. Dan kelihatannya sukses, Argo Parahyangan. Ini sedang kita kaji. Itu belum kita apply, baru kita kaji. Karena begini, ada sistem secara teknis yang harus kita benahi khusus," katanya.

"Ingat kan kereta api di Indonesia, kalau mau jalan satu trainset itu kadang-kadang dilepas-lepas, diganti-ganti. Nah ini kita akan menuju trainset sistem. Jadi satu trainset (harus) nggak bisa dilepas-lepas, itu saja," sambung Edi.

Lebih lanjut Edi berharap agar layanan ini bisa tersedia secepatnya. Ia menargetkan pada 2020 layanan ini sudah bisa diterapkan mulai dari KA Argo Parahyangan.

"Secepatnya. (Harapannya) 2020 sudah ada yang bisa disalurkan. Itu kita sudah ujicoba. Nah ini harapan saya kalau Jakarta-Bandung kena, jalur lainnya kena. Kan bukan hal yang susah itu," katanya.



Simak Video "Countdown SuperM! Kai: Si Seksi ''Dancing Machine''"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com