Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Nov 2019 16:27 WIB

Ini Serangkaian Uji Coba LRT Jabodebek Sebelum Resmi Beroperasi

Nurcholis Maarif - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan 31 kereta LRT Jabodebek yang direncanakan beroperasi akhir 2021 akan melakukan serangkaian uji coba. Kereta yang baru didatangkan PT INKA (Persero) ini akan melakukan uji pertama, yaitu factory test atau uji pabrik.

"Proses uji coba sebelum pengoperasian LRT memang kita lakukan lebih lama sekitar satu tahun karena kita belajar dari pengalaman pembangunan LRT Sumsel. Ini dilakukan agar hasilnya lebih optimal," jelas Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (7/11/2019).


Setelah melakukan factory test, kata Budi, rangkaian kereta LRT Jabodebek akan diuji 3 fase lanjutan di antaranya system test pada September 2020 hingga Januari 2021, system integration test pada Februari 2021 hingga Agustus 2021, dan system acceptance test pada Agustus 2021.

Berdasarkan data dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, sampai dengan saat ini, progres total pembangunan prasarana sudah mencapai 66,79% dengan rincian pembangunan progres fisik lintas pelayanan Cawang-Cibubur 85,93%, Cawang-Dukuh Atas 57,66%, dan Cawang-Bekasi Timur 59,94%.


"Kita berharap proses uji coba berjalan dengan lancar agar moda transportasi yang 60% lebih merupakan produk karya anak bangsa ini dapat segera dimanfaatkan dan menjadi angkutan massal yang diandalkan," pungkas Budi.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com