Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Nov 2019 14:15 WIB

Tol Terpanjang RI Bisa Dijajal Gratis 15 Desember

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok. Jasa Marga Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta - Jalan tol Jakarta-Cikampek layang akan segera dibuka pada liburan natal dan tahun baru (Nataru). Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa tol ini akan dibuka pada 15 Desember 2019 mendatang.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menilai masyarakat merespon positif dibukanya tol layang terpanjang ini. Tol ini disebut akan memancing orang Jakarta untuk berpergian saat libur Nataru.

"Ini saya lihat respon positif masyarakat kalau elevated dibuka saat Nataru, itu bisa memancing orang Jakarta untuk berpergian. Tanggal 15 (Desember) akan bisa digunakan, infonya dari Pak Menteri (Perhubungan), mungkin dia koordinasi sama Pak Menteri PUPR," ucap Budi ditemui usai sholat Jumat di kantornya, Jumat (22/11/2019).


Budi sendiri menyatakan belum mendapatkan informasi past dari Jasa Marga sebagai operator. Namun, menurutnya kemungkinan kuat Japek Layang akan beroperasi di tanggal 15 Desember.

"Tapi saya belum dapat info lagi dari Bu Desi (Dirut Jasa Marga), cuma kan terakhir dia bilang bakal operasi Nataru. Perkiraan kami tanggal segitu (15 Desember) lah pokoknya," ujar Budi.

Kabar terakhir, kini di jalan tol Japek Layang sedang melakukan pembersihan dan pemasangan marka jalan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun mengaku akan meninjau langsung ke lapangan sebelum tol tersebut dibuka saat libur Nataru Desember mendatang.

"Pak Danis (Dirjen Cipta Karya) baru telpon project manager Japek. Tanggal 30 (November) ini saya akan cek. Kemarin kita telepon itu sudah termasuk marka dan pembersihan. Kemarin ditelpon kita bicarakan bareng" katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (21/11/2019).



Simak Video "Uji Laik Fungsi Tol Elevated Japek II Dilakukan November 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com