Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 12:30 WIB

Mau Dipakai 2021, Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Sudah Sampai Mana?

Anisa Indraini - detikFinance
Layout Sirkuit Mandalika/Foto: MotoGP.com Layout Sirkuit Mandalika/Foto: MotoGP.com
Jakarta - Indonesia tidak lama lagi bakal memiliki sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini akan dikelola BUMN, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan, pembangunan keseluruhan Mandalika International Street Circuit sedang berjalan dengan proses ground work mencapai 30%. Direncanakan seluruh penggalian pondasi selesai pada akhir bulan ini.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri konferensi pers Mandiri Nusa Dua International Run 2019, di GS8 Lounge Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

"Di lapangan kita masih sekitar 30% ground work. Saya rencanakan secara fisik penggalian pondasi semua selesai pada akhir bulan ini," katanya.


Kemudian setelah penggalian pondasi selesai, tahap berikutnya adalah pemadatan tanah untuk aspal khusus sirkuit motoGP. Ditargetkan akhir Januari sudah mulai pengaspalan sirkuit secara bertahap dan selesai di Agustus 2020.

"Awal Januari saya mulai penimbunan sub struktur pemadatan. Kalau sebagian segmen sudah selesai mungkin akhir Januari saya sudah bisa pengaspalan pelan-pelan karena track ini agak beda dengan jalan tol, dia nggak bisa sekaligus pengaspalannya, dia mesti pelan-pelan. Kita harapkan kalau Januari sampai bulan Agustus selesai," harapnya.

"Mungkin pada akhir Agustus atau awal September kalau dianggap ini sudah bisa digunakan, DORNA nanti bisa mengumumkan apakah kita masuk di kalender 2021. Jadi kira-kira schedule-nya seperti itu," sambungnya.


Soal lahannya sendiri, menurutnya hampir semua lahan sudah dibebaskan. Dia menyebut dari 50 hektar lahan sirkuit, tidak sampai 3 hektar saja sisa lahan yang sedang dibebaskan.

"Proses pembebasan (tanah) kan biasanya perlu waktu untuk ganti rugi. Masih ada beberapa bidang nggak sampai 10 bidang lah, nggak sampai 3 hektar," pungkasnya.

Pembangunan ini ditargetkan akan rampung pada akhir 2020 untuk diuji coba. Sehingga, pada 2021 sudah bisa digunakan untuk gelaran MotoGP Mandalika 2021.

Simak Video "Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika Digagas untuk F1"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com