Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 22:36 WIB

Masih Gratis, Tol Japek Layang Dibuka 15 Desember

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Tol Japek Layang/Foto: Anisa Indraini/ detikcom Tol Japek Layang/Foto: Anisa Indraini/ detikcom
Jakarta - Dua tol baru akan dibuka jelang akhir tahun. Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit kedua tol tersebut dibuka mulai pertengahan Desember.

Ruas tol mana saja yang akan dibuka?

"Balikpapan-Samarinda dan Japek (Jakarta-Cikampek) elevated ya, pertengahan Desember dua-duanya. Buat peresmian, tunggu jadwal Presiden," ucap Danang ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Menurut Danang ruas tol yang sudah pasti tanggal dibukanya adalah Japek layang, yaitu 15 Desember 2019. Tol ini juga akan digratiskan hingga akhir libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Untuk Japek, Pak menteri sampaikan di Komisi V tanggal 15 Desember. Sementara ini dibebaskan dulu gratis sampe akhir Nataru," ucap Danang.


Danang juga menjelaskan soal tarif tol Japek Elevated. Menurutnya hingga kini belum ada penentuan berapa harga yang akan ditetapkan untuk tol Japek.

Pihaknya masih mencari kombinasi yang tepat soal penentuan harga Japek Elevated dan Japek yang eksisting. Danang mengatakan pihaknya sedang mencari cara untuk menyeimbangkan harga kedua jalan tersebut.

Kemungkinan harga jarak jauh tol Japek eksisting akan disesuaikan dengan harga tol Japek Elevated.

"Kan banyak yang minta itu terintegrasi sama bawah berarti ada rebalancing. Yang bawah di adjust jarak panjangnya, kalau jarak pendek ya kita inginnya nggak mau diubah," ucap Danang.

"Jarak panjang di-adjust, disesuaikan sama yang atas," lanjutnya.



Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com