Daftar Infrastruktur Raksasa yang Beroperasi Tahun Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 25 Des 2019 12:00 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pembangunan infrastruktur menjadi program prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sepanjang tahun 2019, ada sejumlah proyek raksasa yang diresmikan tahun ini.

Jenis proyek yang dioperasikan juga bervariasi, mulai dari proyek transportasi umum, jalan, hingga jembatan. Seluruhnya merupakan proyek infrastruktur konektivitas yang dibangun menggunakan dana APBN, APBD maupun kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Apa saja proyek-proyek tersebut?


1. MRT Jakarta Fase I

Proyek raksasa pertama yang diresmikan pengoperasiannya adalah moda raya terpadu alias MRT Jakarta. Moda transportasi baru di Indonesia ini dibangun sejak Oktober 2013 lalu saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan diresmikan pada 24 Maret 2019.

MRT Jakarta fase I dioperasikan dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Proyek yang menelan dana lebih dari Rp 16 triliun tersebut diharapkan menjadi katalisator budaya bertransportasi umum bagi warga Ibu Kota.

Jalur kereta membentang sepanjang 16 kilometer (km) yang meliputi 10 km jalur layang dan 6 km jalur bawah tanah. Sebanyak tujuh stasiun layang tersebut adalah Lebak Bulus (lokasi depo), Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan enam stasiun bawah tanah dimulai dari Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Proyek pembangunan MRT Jakarta dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta didukung oleh dana pinjaman Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Daftar Infrastruktur Raksasa yang Beroperasi Tahun Ini


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4