Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 14:13 WIB

Jokowi Pastikan Bandara Baru Yogyakarta Selesai Pertengahan 2020

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: (Dok Biro Pers Setpres).
Kulon Progo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) selesai pertengahan 2020. Menurutnya yang lebih penting adalah bandara YIA sudah beroperasi.

"Nanti selesai lah, tidak usah dikejar-kejar. Yang penting sekarang sebagian sudah bisa operasi di sana, pesawat naik turun juga sudah ada, paling penting itu," ucap Jokowi usai meresmikan Bendung Kamijoro di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12/2019).

Jokowi menambahkan, pembangunan jalur kereta api (KA) ke YIA segera masuk ke tahap konstruksi.

"Tapi nanti masih menunggu kan, menunggu selesai 100%, kemudian pembebasan lahan alhamdulillah untuk keretanya juga sudah 100% selesai, tinggal proses konstruksi," ujarnya.


"Sehingga kita harapkan secepatnya, tapi saya tidak memberikan batas waktu. Saya kira mungkin pertengahan lah (tahun 2020) insyaallah sudah selesai," imbuh Jokowi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya memastikan pembangunan fisik YIA rampung tahun depan. Kendati demikian, jalur KA yang langsung masuk YIA baru akan selesai pada Desember 2020.

"Dari bangunan (YIA) pasti selesai, critical point-nya di antar modanya yang harus kita support, kalau bangunannya akan selesai," katanya saat ditemui di Stasiun Yogyakarta, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu (28/12/2019) sore.

Menurutnya, menjelang selesainya pembangunan YIA akan dibarengi dengan pemindahan penerbangan domestik dari Bandara Adi Sucipto ke YIA pada Maret tahun depan. Meski penerbangan mengalami kepindahan, Budi menyebut Bandara Adi Sucipto tetap akan beroperasi.

"Dan semua pesawat jet akan dipindahkan ke YIA. Jadi yang di ADS hanya yang (pesawat) propeller (baling-baling)," ucapnya.

Selain pemindahan penerbangan ke YIA, juga akan dilakukan penambahan moda transportasi ke YIA, khususnya KA. Budi Karya menargetkan jalur KA yang langsung menuju YIA rampung tahun depan.

"Yang di sini (Kereta Bandara) kira-kira Desember 2020," katanya.


Sementara itu, General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, bahwa sebanyak 150 penerbangan domestik akan migrasi dari Bandara Adisucipto ke YIA.

"Perpindahan ini berlangsung bertahap dengan puncak 29 Maret 2020, tapi Bandara lama tetap beroperasi walau intensitas (penerbangannya) berkurang," katanya beberapa waktu lalu.

"Karena Bandara Adisucipto hanya menjadi persinggahan bagi pesawat propeller," imbuh Pandu.

Setelah pemindahan penerbangan selesai, akan terjadi perubahan jam operasional di Bandara Adi Sucipto. Di mana awalnya beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 11 malam akan menjadi jam 6 pagi sampai jam 6 malam setiap harinya.

"Sementara operasional penerbangan di YIA buka selama 24 jam," ucapnya.

Simak Video "Jokowi Yakin Bandara Baru Yogyakarta Rampung Pertengahan 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Drooftalk
×
GADUH KERAJAAN GALUH
GADUH KERAJAAN GALUH Selengkapnya