Tak Cuma Suplai Air, Bendung Kamijoro Jadi Tempat Wisata

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Selasa, 31 Des 2019 23:00 WIB
Indahnya Suasana di Bendung Kamijoro (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Kulon Progo - Sebuah bendung biasanya identik untuk mengairi lahan pertanian. Namun, di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo terdapat bendung yang memiliki fungsi lain, yakni sebagai ruang publik dan tempat wisata.

Adalah Bendung Kamijoro, bendung yang memiliki taman hingga tempat bermain anak-anak ini berlokasi 22 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta. Bendung Kamijoro sendiri bisa diakses melalui 2 rute, rute pertama melalui Kecamatan Pajangan, Bantul dan rute kedua melalui Kecamatan Sentolo.

Tak hanya itu, Bendung Kamijoro berada di atas Sungai Progo sekaligus menjadi pembatas antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. Di atas bendungan tersebut terdapat jembatan dengan konsep menyerupai golden gate di San Francisco, Amerika Serikat.

Menyusuri jembatan tersebut dari Kecamatan Pajangan, pengunjung akan sampai di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo. Di tempat tersebut terdapat ruang publik seperti taman bermain, plaza, musala dan jogging track.

Tak Cuma Suplai Air Pertanian, Bendung Kamijoro Jadi Tempat WisataIndahnya Suasana di Bendung Kamijoro (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Pemandangan di Bendung Kamijoro juga sangat memanjakan mata, di mana pengunjung dapat berswafoto dengan latar belakang jembatan atau Sungai Progo. Terlebih saat sore hari pengunjung dapat menikmati sunset sembari bersantai di Bendung tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2