Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Jan 2020 16:43 WIB

Terganjal Lahan, Proyek Tol Padang-Pekanbaru Dimulai dari Bangkinang

Trio Hamdani - detikFinance
Pembangunan jalan tol Trans Sumatera terus bergulir. Salah satunya proyek ruas tol Padang-Sicincin 36,15 kilometer. Foto: Istimewa/Hutama Karya
Jakarta -

Tol Pekanbaru-Padang Seksi I Padang-Sicincin sepanjang 36,15 kilometer (km) masih terkendala pembebasan lahan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) putar otak agar pembangunannya tetap bisa berjalan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan bahwa pembangunan ruas tol tersebut bakal lebih didahulukan dari arah Pekanbaru, yaitu Seksi V Pangkalan-Bangkinang sepanjang 56 km.

"Kalau yang tol Pekanbaru ke Padang itu dari arah Pekanbaru ke Bangkinang dan Pangkalan," kata dia ditemui di KM 60 Tol Akses Tanjung Priok, Senin (27/1/2020).

Danang mengakui bahwa masalah lahan memang menjadi isu penting terkait pembangunan ruas Tol Padang-Sicincin. Pihaknya akan fokus menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Padang-Sicicin iya, itu kan persoalan lahan jadi isu yang paling penting. Oleh karena itu kita akan fokus memulainya," sebutnya.

Menurutnya juga ada opsi relokasi trase terkait alotnya pembebasan lahan di ruas Tol Padang-Sicincin. Danang menjelaskan bahwa rencana itu sudah pernah disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Ada kemungkinan (trase diubah). Kan di media Pak Menteri juga menyampaikan demikian untuk bisa mengurangi panjang terowongan," tambahnya.



Simak Video "Pengemudi Masih Was-was Naik Tol Layang Japek "
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Survei Dini Pengganti Jokowi
Survei Dini Pengganti Jokowi Selengkapnya