Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Jan 2020 11:41 WIB

Sirkuit MotoGP Mandalika Kelar Oktober 2020

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Gambaran Sirkuit MotoGP Mandalika Gambaran sirkuit motoGP Mandalika Foto: Istimewa
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer ke kantornya. Luhut meminta laporan soal pengembangan Sirkuit MotoGP di Mandalika.

Dari laporan yang diterima, Luhut mengatakan sirkuit siap dilintasi para kuda besi untuk balapan pada gelaran MotoGP musim depan. Tepatnya, pada Oktober 2021.

"Dirut ITDC memberikan laporan progress dari persiapan MotoGP GP di Mandalika, persiapan tadi sudah sangat baik itu dan siap dipakai 2021 Oktober. Jadi sekarang ini masih ada waktu 1,5 tahun persiapan sangat bagus," kata Luhut di kantornya, Rabu (29/1/2020).

Kemudian pembangunan fisik sirkuitnya sendiri ditarget Luhut selesai pada akhir tahun ini. Dia mengatakan pembangunan fisik sirkuit bakal selesai bulan Oktober 2020.

"Nanti bulan Maret atau April saya pergi ke sana. Karena mereka selesaikan bulan Oktober tahun ini, jadi sudah selesai setahun sebelum moto GP," kata Luhut.

Dia mengatakan progress pengerjaan sirkuit hingga kini sudah 40%. Luhut menitip pesan kepada ITDC agar memperhatikan standar internasional dalam membangun sirkuit ini.

"Saya minta kepada pak Dirut supaya pengerjaannya, detailnya betul-betul standar internasional. Presiden sendiri sudah pergi ke sana bulan Mei tahun lalu melihat persiapan itu, sekarang progresnya sudah hampir jalan sudah 40%," kata Luhut.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer sendiri mengatakan kini pihaknya masih melakukan pengerjaan ground working alias dasar trek sirkuit. Trek akan dibuat tiga lapis.

Kini pihaknya masih melakukan penggalian dasar sirkuit. Untuk kemudian dilapisi material substrat lalu diaspal dengan aspal khusus sirkuit.

"Kita lagi ground work, bukan cuma clearing tapi kita gali semeter ke bawah, kali 42 km itu 40%. Sekarang sudah nyambung dan dipasang geo textile supaya nggak rembes. Kemudian nanti kita lapisi, substrat baru aspal. Tiga layer karena ini untuk kecepatan tinggi," papar Abdulbar.

Bulan Juli pengaspalan sirkuit akan dimulai dan paling lambat bisa selesai Desember 2020, targetnya sendiri Oktober.

"Juli mulai kita pengaspalan. Ujungnya itu paling cepat Oktober dan lambatnya Desember 2020," kata Abdulbar.



Simak Video "Ini Wajah Lintasan Surga Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com