Underpass Terpanjang RI di Yogyakarta Diresmikan Jokowi Besok

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 30 Jan 2020 22:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Yogyakarta
Foto: Dok. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini bertolak ke Yogyakarta. Dalam kunjungannya kali ini Jokowi akan meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA) pada Jumat, 31 Januari 2020.

Mengutip keterangan resmi, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/1/2020), Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sore tadi.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Sucipto, Kabupaten Sleman, Jokowi akan langsung menuju Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Sebelum meresmikan underpass YIA, Jokowi juga diagendakan untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Rencananya, acara tersebut digelar di Gedung Taman Budaya, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

Pada sore harinya, Jokowi akan menuju YIA untuk meninjau fasilitas bandara tersebut sebelum kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Selain itu turut pula Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Ayu Kartika Dewi.

Sekadar informasi underpass YIA disebut-sebut akan menjadi jalan bawah tanah terpanjang di Indonesia. Total panjangnya mencapai 1,3 km.

Underpass NYIA dibangun tepat di bawah bandara. Underpass ini masuk dalam ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta.

Tak hanya terpanjang, keistimewaan dari underpass ini yakni dindingnya akan dihiasi ornamen dengan kearifan lokal seperti motif batik khas Yogyakarta.

Underpass NYIA sendiri digarap oleh WIKA dan MCM KSO. Nilai kontraknya mencapai Rp 293,18 miliar.

Jalur dari underpass ini memiliki lebar 7,95 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.



Simak Video "Underpass Transito Solo Mulai Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)