Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 22 Feb 2020 09:30 WIB

Progres Terkini Proyek LRT Jabodebek

Soraya Novika - detikFinance
Proyek pembangunan LRT Jabodebek terus berjalan. Namun, penyelesaian proyek ini tampaknya akan mundur dari target Juli 2021. LRT Jabodebek/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek masih terus dikebut. Menurut Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto hingga 14 Februari 2020 progres pengerjaan konstruksi LRT Jabodebek sudah 70,26%.

"Kemajuan Pekerjaan LRT Jabodebek sampai dengan tanggal 14 Februari 2020 adalah 70,26%," tutur Budi kepada detikcom, Jumat (21/2/2020).

Dari seluruh lintasan, lintas pelayanan Cawang-Cibubur paling jauh progresnya, yaitu sudah sampai 87,34%. Karena sudah jauh pembangunannya, uji coba kereta LRT pun sudah dilakukan di lintasan ini. Lalu disusul lintas pelayanan II Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sudah sampai 64,88%, terakhir lintas pelayanan III Cawang-Bekasi sudah 62,39%.

Seluruh lintasan itu ditarget kelar semua pembangunannya pada 2021. Namun, untuk pengoperasiannya secara penuh diproyeksi baru pada pertengahan 2022 lantaran pengerjaan depo yang belum selesai.


Budi mengakui target operasi ini mundur dari target yang sempat dicanangkan sebelumnya yakni pada Juni 2021. Kemunduran target ini terjadi lantaran masih terkendala permasalahan lahan pada lokasi depo.

Sebelumnya Budi mengaku bisa mempercepat kembali penyelesaian proyek pada akhir 2021. Namun kendala lahan pada depo sepertinya membuat pengoperasian kereta terhambat karena depo merupakan salah satu aspek penting sebagai pusat pengoperasian dan perawatan kereta.

Bagaiman progres rute Cawang-Dukuh Atas? Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com