Jalan Panjang Proyek Antibanjir di Ciliwung yang Mandek

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 28 Feb 2020 18:41 WIB
Pemprov DKI Jakarta akan melanjutkan proses normalisasi Sungai Ciliwung. Namun, sejumlah rumah milik warga masih bertengger di bantaran sungai itu.
Foto: Agung Pambudhy

Namun, titik cerah mulai terlihat dari kelanjutan proyek ini. Bambang mengatakan tahun ini proyek kembali berjalan setelah dua tahun vakum. Bambang mengatakan Pemprov DKI Jakarta sudah membebaskan beberapa bidang tanah di dua wilayah tahun ini.

Bambang mengatakan setidaknya ada 3 km bantaran kali di Pejaten Timur yang sedang dibebaskan. Sementara itu pihaknya akan menyiapkan lelang tender untuk kontraktor yang akan menggarap proyek normalisasi ini.

"Ada progress 3 kiloan lah. Misalnya Pejaten timur, ini yang akan jalan (konstruksinya), dilelang dulu," ungkap Bambang saat dihubungi detikcom, Jumat (28/2/2020).

Selain Pejaten Timur, Bambang menambahkan, pembebasan lahan sudah dilakukan di bantaran kali Ciliwung Lama di sekitar kawasan Masjid Istiqlal. Proyek normalisasi pun sudah mulai digarap di sana.

"Yang sudah jalan 1,2 km itu di Ciliwung Lama depan Istiqlal. Itu juga karena berbarengan dengan renovasi masjid," kata Bambang.

Jalan Panjang Proyek Antibanjir di Ciliwung yang Mandek


(dna/dna)