Bandara Kulon Progo Siap Diresmikan Jokowi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Jun 2020 11:45 WIB
Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) hampir tuntas. Hingga 8 Desember 2019, progress pembangunan bandara di Kulonprogo ini telah mencapai 90%.
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan implementasi new normal di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) sudah berjalan dengan baik. Budi juga telah melakukan kunjungan ke Bandara Kulon Progo dan mengecek runway serta peninjauan terminal.

Bandara baru di Yogyakarta ini pun siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Implementasi new normal saat ini baik, kemarin saya ke Yogya dan ke Solo, teman-teman begitu care sehingga (Bandara YIA) Kulon Progo siap diresmikan oleh Presiden," kata dia dalam keynote speech Kagama Inkubasi Bisnis, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Budi hal ini patut diapresiasi karena seluruh insan perhubungan menjalankan tugas dengan baik.



Menhub juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura I dalam menyiapkan protokol kesehatan dalam menyambut new normal. Dari pengecekan suhu badan, penerapan jaga jarak sampai dengan pemeriksaan dokumen pendukung.

"Kami minta Angkasa Pura I untuk berkoordinasi lebih intensif dengan gugus tugas yang ada di level Yogyakarta," kata dia.

Menhub juga melihat aktivitas di Bandara YIA sudah semakin lengkap. Harapannya YIA bisa menjadi infrastruktur pendukung dalam meningkatkan turis ke Yogyakarta, di mana ada Candi Borobudur yang menjadi daya tarik pariwisata. Akses ke sana dari YIA juga sudah terhubung dengan moda transportasi bus dan shuttle bus.

"Kemenhub sudah menyiapkan moda transportasi, seperti bus, kereta sampai Stasiun Wojo dan nanti juga akan ada kereta api langsung ke bandara," jelasnya.

Kehadiran Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) diharapkan bisa mewujudkan Borobudur dan Yogyakarta sebagai salah satu dari lima destinasi Bali baru.

"Kita harapkan YIA ini bisa menjadi infrastruktur untuk meningkatkan turisme di Yogyakarta," katanya.



Simak Video "H-1 Idul Adha, Penumpang di Bandara Soetta Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)