Ini Dia Jalan Tol Terpanjang di Dunia

- detikFinance
Minggu, 19 Jul 2020 22:14 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated). Pembukaan jalan tol itu dilakukan secara bertahap.
Ilsutrasi Jalan Tol (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jalan tol sudah ada sejak zaman Babilonia pada abad ke-7 lalu. Kemudian jalan tol mulai dibangun di benua Eropa, pada abad ke-14 hingga ke-15. Setelah itu, berbagai negara di seluruh dunia satu per satu mulai membangun jalan tol pertama mereka.

Ide awal pembangunan jalan tol ialah untuk mempercepat perjalanan sampai ke tempat tujuan. Selain itu, juga sebagai penggerak roda perekonomian di seluruh wilayah di suatu negara tersebut. Tak heran, ada saja jalan tol yang dibangun begitu panjangnya agar mempermudah mobilitas masyarakat hingga logistik sampai ke tempat-tempat jauh sekaligus.

Beberapa jalan tol yang di bangun di seluruh dunia menjadi tersohor berkat jaraknya yang sangat panjang tersebut. Salah satu yang paling panjang di dunia adalah Pan American Highway. Pan American Highway terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Chile dan Argentina.

Tidak kurang dari 15 negara, di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur tol yang total panjangnya mencapai 47.516 kilometer ini.

Lalu, bagaimana ide membangun jalan tol terpanjang di dunia ini muncul?

Sesuai namanya, jalan tol tersebut digagas oleh para pemimpin AS di zamannya pada Konferensi Pan-Amerika Pertama tahun 1889 lalu. Namun, pada saat itu, pimpinan AS awalnya ingin membangun jalur kereta api yang bisa menghubungkan negara-negara bagian AS menjadi lebih dekat satu sama lainnya. Akan tetapi, gagasan itu berakhir alot pada waktu itu.

Gagasan itu muncul kembali pada Konferensi Internasional Kelima Negara-negara Amerika pada tahun 1923 di Chile. Kali ini, semua pimpinan negara sepakat ingin membangun satu rute tunggal yang dinamai Pan-American Highway. Rencana tersebut sama-sama disetujui bahkan sebelum terlaksananya Konferensi Keenam di Kuba pada 1928.

Akhirnya, konferensi pertama Pan-American Highway digelar pada 5 Oktober 1925 di Buenos Aires. Hasil pertemuan tersebut, semua sepakat untuk membangun jalan tol tersebut mulai dari Meksiko dan dilanjut ke selatan Amerika tepatnya ke ibukota Argentina.

Pada 1950, bagian pertama dari jalan tol tersebut diselesaikan di Meksiko. Dalam beberapa tahun berikutnya, bagian-bagian lainnya pun dikebut pembangunannya. Hingga seluruh bagian jalan tol akhirnya selesai di bangun pada sekitar tahun 1960-an.

Namun, ada yang unik dari jalan tol terpanjang di dunia ini yakni jalannya tidak 100% tersambung lho! Di bagian tol tersebut ada Darién Gap atau celah Darién yang memutuskan perjalanan di jalan tol terpanjang tersebut.

Darién Gap merupakan suatu daerah berupa lembah dan rawa-rawa yang berada di Amerika Tengah. Sebagian besar daerah ini terletak di Provinsi Darién, Panama. Sementara bagian lainnya yaitu bagian paling selatan terletak di wilayah Chocó, Kolombia.

Ujung dari Darién Gap sepanjang 106 kilometer dimulai dari Kota Yaviza, Panama, hingga Kota Turbo, Kolombia. Dikarenakan wilayahnya yang berupa rawa-rawa, pembangunan akses jalan di wilayah ini membutuhkan biaya yang relatif sangat mahal sehingga sampai saat ini belum terdapat jalan raya yang menghubungkan daerah di wilayah ini.

Menarik bukan? Mungkin suatu saat kamu berkesempatan singgah ke Amerika, tidak ada salahnya mencoba melewati Jalan tol terpanjang di dunia ini.



Simak Video "Keterlaluan! Pria Ini Curi Puluhan Besi Pembatas Jalan Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(Soraya Novika/dna)