Mengintip Desain 'Wah' 2 Stasiun Baru MRT Jakarta

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 08:00 WIB
Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta mulai beroperasi normal hari ini. Sebelumnya, transportasi publik itu sempat dihentikan sementara waktu imbas aksi 22 Mei.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas akan menjadi dua stasiun pertama yang menyambungkan jalur MRT Jakarta Lebak-Bulus HI menuju Kota. Kedua stasiun tersebut saat ini tengah dalam tahap pengerjaan manajemen rekayasa lalu lintas dengan melakukan modifikasi area pejalan kaki, pelebaran jalan, pengecekan infrastruktur utilitas (utility test pit), dan pemeriksaan aspek arkeologi (archeological test pit).

Kenalan yuk dengan dua stasiun yang rencananya akan bisa dijajal pada awal 2025 mendatang ini.

Stasiun Thamrin sendiri adalah stasiun bawah tanah yang letaknya berada di bawah persimpangan antara Jalan MH Thamrin dan Jalan Kebon Sirih. Panjangnya mencapai sekitar 455 meter.

Stasiun ini punya keistimewaan dari stasiun lainnya karena akan menjadi stasiun pertemuan dengan jalur timur-barat DKI Jakarta yaitu, Ujung Menteng dan Kali Deres. Nantinya jalur timur-barat ini akan menghubungkan Cikarang dan Balaraja.

Ilustrasi Stasiun MRT JakartaIlustrasi Stasiun MRT Jakarta Thamrin. Foto: Dok. MRT Jakarta

Selain itu, Stasiun Thamrin akan menjadi salah satu stasiun terpanjang di fase II, bersama dengan Stasiun Kota. Stasiun ini akan memiliki 10 pintu masuk dan area komersial sepanjang 200 meter.

Stasiun ini juga akan terintegrasi langsung dengan Halte Bus Transjakarta. Jaraknya dari Stasiun Bundaran HI sekitar 562 meter.

Stasiun selanjutnya adalah Stasiun Monas. Stasiun yang rencananya akan dibangun dengan panjang sekitar 280 meter ini akan dikembangkan menjadi salah satu stasiun ikonik bersama dengan Stasiun Kota.

Bukan sekadar stasiun kereta semata, Stasiun Monas juga akan menjadi bagian dari pengembangan kawasan Monumen Nasional dan rencananya akan terkoneksi dengan Stasiun Besar Gambir.

Ilustrasi Stasiun MRT JakartaIlustrasi Stasiun MRT Jakarta Monas. Foto: Dok. MRT Jakarta

Stasiun ini akan terletak di bawah Jalan Merdeka Barat. Jarak dari Stasiun Thamrin sekitar 356 meter.

Proses pengerjaannya akan menggunakan metode box jacking sehingga tidak perlu dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat. Namun, metode ini akan menutup Jalan Museum karena akan digunakan sebagai area kerja.

Pagar di area konstruksi pun akan didesain sedemikian rupa dengan konsep hijau dengan tujuan menyamarkan area konstruksi agar Taman Monas tetap dapat memberikan kesan teduh dan nyaman bagi pengunjung kawasan Monas.

Pembangunan fase II tidak sekadar membangun infrastruktur MRT Jakarta, namun juga regenerasi perkotaan DKI Jakarta melalui konsep pengembangan kawasan berorientasi transit. Di fase ini, akan dibangun 10 stasiun, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, Mangga Dua, Ancol, dan Ancol Barat serta satu depo di kawasan Ancol Barat.



Simak Video "Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)