Sejarah di Balik Rumah Limasan yang Terdampak Tol Yogya-Bawen

Jauh Hari Wawan - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 16:07 WIB
Bangunan cagar budaya di Sleman, Yogyakarta, terancam tergusur. Bangunan berusia 50 tahun itu terancam tergusur oleh pembangunan ruas jalan tol Yogyakarta-Bawen
Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko
Sleman -

Proyek strategis nasional yaitu pembangunan tol Yogyakarta-Bawen berdampak pada bangunan cagar budaya. Di Kecamatan Mlati ada Ndalem Monumen Mijosastran. Bangunan berupa limasan itu telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan menyimpan banyak cerita sejarah. Seperti apa ceritanya?

Widagdo Marjoyo (66) nampak sedikit gemetar saat menceritakan sejarah cagar budaya rumah tradisional Ndalem Monumen Mijosastran yang terletak di Dusun Pundong II, Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Dia nampak tidak percaya rumah yang merupakan peninggalan kakeknya bakal terkena proyek tol Yogya-Bawen.

"Eyang Mangun Dimejo yang membangun rumah ini. Dulunya ini merupakan runah tinggal dan saat itu Beliau menjabat sebagai perabot atau lurah di Kelurahan Pundong Lama," ujar Widagdo, Selasa (11/8/2020).

Padahal, bangunan itu telah resmi mendapatkan status bangunan cagar budaya dan tertuang dalam SK Bupati Sleman No: 14.7/Kep.KDH/A/2017. Surat Keputusan Bupati Sleman ini tertanggal 6 Februari 2017. Tak hanya itu, pada 1 Desember 2015, ahli waris mendapatkan piagam penghargaan dari Gubernur DIY No. 136/PG/2015 sebagai pelestari warisan budaya.

"Ini cagar budaya yang sudah resmi ditetapkan dengan SK Bupati Sleman dan dilindungi undang-undang. Sebanarnya kami ingin melestarikan cagar budaya ini," bebernya.

"Sebetulnya saya sangat keberatan, karena dalam undang-undang jelas, pemerintah wajib menghentikan proyek apabila mengenai cagar budaya," tambahnya.

Tulisan itu pun ditempel oleh Widagdo dalam bentuk spanduk berwarna hijau yang dipasang di depan rumah. Rumah berbentuk limasan itu masih kokoh berdiri kendati usianya sudah puluhan tahun.

"Rumah ini sudah ada sejak zaman Belanda. Ya kira-kira sejak tahun 1940 an," terangnya.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3