Menhub Siapkan Rp 1,6 T Bangun 16 Bandara Tahun Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 02 Sep 2020 12:31 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Hasrul Nawir/detikcom)
Foto: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Hasrul Nawir/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di tahun 2021 berencana akan membangun 16 bandara di seluruh Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pembangunan 16 bandara strategis ini akan menelan anggaran Rp 1,6 triliun.

"Kami akan melakukan pembangunan 16 bandara strategis, dengan anggaran Rp 1,6 triliun," ujar Budi Karya, Rabu (2/9/2020).

Pembangunan bandara itu tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, NTT, Kalimantan, Sulawesi. "Kemudian banyak sekali juga di Papua," kata Budi Karya.

Di Pulau Sumatera sendiri ada Bandara Parapat di Sumatera Utara, Bandara Mentawai di Sumatera Barat, Bandara Sibisa Sei Bati di Tanjung Balai Karimun, Bandara Mandailing Natal di Sumatera Utara, Bandara Gatot Subroto di Lampung, dan Bandara Atung Bungsu di Pagar Alam.

Kemudian, di Pulau Jawa ada Bandara Ngloram di Cepu, sementara di Nusa Tenggara Timur ada Bandara Komodo di Labuan Bajo. Lalu ada juga Bandara Singkawang di Kalimantan Barat, dan Bandara Buntukunik di Tana Toraja, Sulawesi.

Sementara itu di Pulau Papua ada enam bandara yang akan dibangun, mulai dari Bandara Ewer, Bandara Ilaga, Bandara Nabire Baru, Bandara Rendani Manokwari, Bandara Anggi, dan Bandara Siboru Fak-fak.

Kemenhub sendiri tahun depan akan menyiapkan anggaran membangun infrastruktur di semua sektor sebesar Rp 33,9 triliun.



Simak Video "Menhub: Transportasi Bukan Hanya Soal Biaya, tapi Juga Dampak Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)