Ditargetkan Selesai Tahun Depan, Ini Penampakan Sirkuit Mandalika

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 16:36 WIB
Sirkuit Mandalika
Foto: Dok. ITDC
Jakarta -

Pembangunan sirkuit Mandalika terus dikebut. Pasalnya tahun depan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Mengutip akun resmi itdc_id proses pembangunan ini dilakukan siang dan malam untuk membangun jalan kawasan khusus (JKK) yang dapat berfungsi sebagai sirkuit jalanan tempat penyelenggaraan #IndonesiaGP 2021.

"Kerja keras ini terus kami lakukan demi terwujudnya mimpi Indonesia untuk memiliki sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk perhelatan MotoGP," tulis caption dikutip Jumat (16/10/2020).

PT PP Tbk sedang melakukan tahap pengerjaan lapisan atas yang terdiri dari aspal, run-off aspal, run-off gravel, dan run-off grass, pitlane, dan working lane, tunnel, dan race control building.

"Saat ini pengerjaan sub-grade aspal sudah mulai tampak dan pengaspalan sendiri ditargetkan untuk rampung pada Juni 2021," tulisnya.

Sirkuit MandalikaFoto: Dok. ITDC

Pada Juli 2020 progres pembangunan sirkuit disebut sudah mencapai 40%. Nantinya penyelenggaraan MotoGP diyakini bisa menggaet kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300.000 orang per tahun.

Sebelumnya pihak ITDC menyampaikan jika proses pembangunan sirkuit Mandalika ini terus berlangsung dan ditargetkan rampung Juni 2021.

Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang sekitar 4,32 km, dengan tikungan sebanyak 17 buah. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan.

Untuk daya tampung penonton, paling tidak akan tersedia 97.000 tempat duduk. Namun karena ini merupakan sirkuit terbuka, diyakini jumlah penonton yang bisa menyaksikan event ini bakal lebih banyak lagi.

Sirkuit MandalikaFoto: Dok. ITDC
(kil/ara)