Tol Yogya-Bawen Dibangun Sebagian Melayang dan Tembus Bukit

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 13 Nov 2020 15:04 WIB
Tol Bawen-Salatiga
Ilustrasi/Foto: Muhammad Idris
Jakarta -

Sebagian ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen rencananya akan dibangun dengan struktur elevated atau melayang. Dari total panjang tol 75,82 Km, sepanjang 6,15 Km di antaranya akan dibangun melayang di ringroad barat Yogyakarta, tepatnya di atas selokan Mataram. Sedangkan sisanya, sepanjang 69,68 Km akan dibangun dengan desain struktur at grade atau di atas tanah.

"Jalan Tol Yogyakarta-Bawen melintas di 2 provinsi yaitu provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 km dengan total panjang 75,82 Km," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit membuka prosesi penandatanganan perjanjian kerja sama proyek tersebut di area Marga Utama, kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/11/2020).

Khusus untuk ruas tol yang dibangun dengan struktur at grade, sebagiannya bakal melintasi tiga tunnel atau terowongan yang membelah bukit. Tujuan dibangunnya terowong membelah bukit ini agar tidak merusak kondisi alam di lokasi.

"Antara Ambarawa dan Temanggung itu ada potensi lokasi tunnel dan itu menjadi perintah saya, karena saya tidak ingin merusak (objek wisata) Banaran. Banaran itu kopi, dan itu adalah kawasan yang sejuk," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pertimbangan itu diambil mengingat sebelumnya saat membangun Tol Semarang-Solo, banyak bukit yang terpangkas akibat proyek tol tersebut.

"Kita punya Semarang-Solo kita memangkas ratusan meter bukit, saya kira itu tidak akan saya ulangi di Yogya-Bawen ini. Dengan tunnel orang menjadi merasa memang kita di daerah wisata," tegasnya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, 3 terowongan tersebut akan dibangun saling berdekatan letaknya. Letaknya ada di sekitar kawasan Pingit, terletak di antara trade Simpang Susun (SS) Temanggung dan SS Ambarawa.

Simpang Susun Temanggung terletak di Kecamatan Tringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Simpang Susun Temanggung menghubungkan jalan tol dengan akses jalan nasional Magelang-Semarang. Sedangkan, Simpang Susun Ambarawa terletak di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Simpang Susun Ambarawa menghubungkan Jalan Tol Yogya Bawen dengan akses jalan nasional Ambarawa-Bawen.

(eds/eds)