Kang Emil Mau Tata Pelabuhan Patimban biar Tak Seperti Tanjung Priok

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Nov 2020 08:30 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Foto: Yudha Maulana
Jakarta -

Pelabuhan Patimban beroperasi mulai bulan depan, alias Desember. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun nampaknya sudah memiliki rencana untuk mengembangkan kawasan Patimban.

Yang jelas, pria yang akrab disapa Kang Emil ingin Pelabuhan Patimban ini tidak seperti kawasan Tanjung Priok di Jakarta Utara. Ia ingin membenahi kawasan sekitar pelabuhan menjadi sebuah kota baru, sehingga Patimban bukan cuma pelabuhan namun juga bisa jadi kawasan ekonomi dan tempat tinggal yang nyaman.

"Kami mau melihat Patimban ini jangan cuma pelabuhan saja, oke pelabuhan itu primadonanya. Tapi kami usulkan Patimban didesain sebagai kota," ungkapnya dalam acara Dialog Publik Pelabuhan Patimban bersama Kemenhub, Senin (16/11/2020).

Dia mengungkapkan dirinya tak ingin Patimban menjadi kawasan yang kurang tertata seperti Tanjung Priok. Dia menilai Pelabuhan Tanjung Priok berfungsi sangat baik dan maksimal, namun kawasan sekitarnya sangat tidak tertata tata ruangnya.

"Mudah-mudahan kalau ini (rencana kota Patimban) bisa approve, nanti saya akan presentasikan ke Presiden, maka Patimban ini, tidak menjadi seperti Tanjung Priok. Di mana di sana itu pelabuhannya berfungsi sangat baik, tapi tata ruang kawasannya kurang tertata," ujar RK.

Adapun fasilitas yang bisa digunakan di Pelabuhan Patimban bulan depan adalah yang dibangun pada fase I tahap 1. Di fase pembangunan ini Pelabuhan Patimban akan punya fasilitas peti kemas seluas 35 hektare dengan kapasitas 250 ribu TEUS.

Ada juga fasilitas terminal pengiriman kendaraan bermotor, luasnya 25 hektar dengan kapasitas 218 ribu CBU.

Ingin kembangkan kawasan Patimban, bagaimana rencana lengkap Kang Emil?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut"
[Gambas:Video 20detik]