Dari Kediri hingga Labuan Bajo, Berikut Daftar Bandara Baru di PSN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 29 Nov 2020 15:06 WIB
Ilustrasi Bagasi Bandara
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Proyek Bandara Kediri di Jawa Timur masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Bandara tersebut merupakan bandara yang dikembangkan PT Gudang Garam (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Surya Dhoho Investama.

Manajemen Gudang Garam pernah menyatakan, pembangunan bandara sudah dimulai sejak April lalu. Gudang Garam mengaku sudah menghabiskan Rp 2,5 triliun untuk pembangunan bandara per Juni 2020. Total anggaran yang akan dikeluarkan sekitar Rp 9 triliun.

"Biaya yang sudah dikeluarkan sampai Juni 2020 itu sudah Rp 2,5 triliun," kata Corporate Secretary Gudang Garam Heru Budiman, 24 Agustus 2020.

Bandara lain yang masuk PSN ialah pembangunan Bandara Bali Utara. Ini merupakan proyek baru karena tidak ada dalam aturan sebelumnya yakni Perpres 56 Tahun 2018.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan Bandara Bali Utara akan diikuti jalan tol sebagai akses penunjangnya. Luhut mengatakan investasi proyek tersebut mencapai Rp 21 triliun.

"Kami baru bicara kemarin, Bandara Utara Bali akan dibangun dengan jalan tolnya, itu biayanya Rp 21 triliun, itu sudah kita mulai," kata Luhut dalam Kuliah Umum FEB UI (19/9/2020).

Luhut mengatakan berkomunikasi dengan Gubernur Bali I Wayan Koster. Salah satu kesepakatan dari diskusi tersebut adalah Pemda Bali menangani masalah lahan, termasuk lahan adat.

Sedangkan pemerintah pusat mengurusi pembangunan infrastrukturnya. Luhut menargetkan Bandara Bali Utara ini akan selesai pada tahun 2023.

"Tadi saya baru bicara dengan Gubernur, dan di pusat sudah bicara, perjanjiannya pemerintah daerah membebaskan tanah itu, karena kita tidak mau urusan dengan tanah adat, pembangunan dari kita, itu kita selesaikan sampai tahun 2023. Jadi ini kita sudah jalankan semua," ungkapnya.

Berikut daftar PSN di sektor bandar udara:

1. Bandar Udara Baru Yograkarta - Kulon Progo
2. Bandar Udara Kediri
3. Bandar Udara Komodo - Labuan Bajo
4. Pengembangan Bandar Udara Internasional Lombok Praya
5. Pengembangan Bandar Udara Adi Soemarmo
6. Pembangunan Bandar Udara Nabire Baru
7. Pembangunan Bandar Udara Siboru Fak Fak
8. Pembangunan Bandar Udara Bali Utara.

(acd/zlf)