Kapan KRL Yogyakarta-Solo Beroperasi? Ini Jawaban Operator

Achmad Syauqi - detikFinance
Jumat, 04 Des 2020 16:48 WIB
KRL diparkir di stasiun Klaten, Jumat (4/12).
Foto: Achmad Syauqi/detikcom: KRL diparkir di stasiun Klaten, Jumat (4/12).
Klaten -

Operasional kereta rel listrik (KRL) Solo-Yogyakarta yang semula direncanakan November terus mundur. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) belum memastikan KRL beroperasi akhir tahun ini karena alasan masih perlu diujicoba.

"Untuk operasional KRL kita masih terus berkoordinasi dengan balai teknik Dirjen Perkeretaapian. Saat ini masih terus dilakukan uji coba bersama balai teknik di Jawa Tengah," ungkap Vice Presiden Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba pada wartawan di sela sosialisasi UU 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian yang dilakukan PT KAI, Dishub, dan Polres Klaten di stasiun Klaten, Jumat (4/12/2020) siang.

Menurut Anne, uji coba belum bisa dipastikan sampai kapan akan selesai dan dioperasikan. Sebab masih terus dipastikan sisi safety nya.

"Ini masih diuji teknis oleh DJKA, jadi kita tunggu. Bagaimana pun safety tetap nomor satu jadi dipastikan dulu semua aman dan nanti akan ada informasi lebih lanjut soal pengoperasian," terang Anne.

Sampai sejauh ini, lanjut Anne, uji coba sudah sampai rute Yogyakarta dan hari ini dari Yogyakarta sampai Gawok, Sukoharjo. Kendala relatif tidak ada tapi uji coba itu dalam rangka menemukan masalah.

"Namanya integrasi sarana dan prasarana justru untuk menemukan masalah, untuk diatasi. Sehingga saat nanti beroperasi bisa diminimalisir," kata Anne.

Langsung klik halaman selanjutnya.