Hobi Baru Warga Inggris: Jadi Arkeolog Dadakan Berburu Koin Emas

- detikFinance
Sabtu, 12 Des 2020 21:49 WIB
Pandemi Corona berdampak pada harga perumahan mewah yang semakin tidak menentu. Di Inggris sektor ini terus menurun.
Ilustrasi rumah di Inggris/Foto: Getty Images

Daftar harta karun yang digali tahun ini termasuk meterial abad ke-13, bertuliskan bahasa latin yang artinya "David, utusan Tuhan, uskup St. Andrews."

Yang menonjol di antara penemuan-penemuan baru adalah koin emas. Salah satu harta karun itu, yang berisi 50 koin emas murni Afrika Selatan, ditemukan di Milton Keynes, sebuah kota sekitar 50 mil barat laut London.

Masih menjadi misteri bagaimana koin-koin itu, yang dicetak pada 1970-an selama era apartheid Afrika Selatan, terkubur di Inggris setelah setengah abad.

Penimbunan besar lainnya, yang berisi 63 koin emas dan satu koin perak yang menampilkan raja Edward IV dan Henry VIII, kemungkinan besar dikuburkan pada abad ke-16. Penemuan itu termasuk koin dengan inisial beberapa istri Henry VIII, termasuk Catherine dari Aragon, Anne Boleyn dan Jane Seymour.

Hampir 500 tahun kemudian selama pandemi COVID-19, penduduk menemukan mereka kembali saat menyiangi kebun mereka. Penemuan amatir lainnya selama pandemi adalah perlengkapan furnitur Romawi kuno yang terbuat dari paduan tembaga, dan dengan jelas menampilkan wajah dewa Oceanus. Artefak itu, ditemukan di Old Basing sekitar 50 mil tenggara London, berasal dari abad ke-1.

Halaman

(Herdi Alif Al Hikam/hns)