Rel Kereta Cepat dari China Segera Tiba di RI, KCIC Siap-siap Pasang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 15 Des 2020 16:05 WIB
Terowongan Kereta Cepat
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Direktur Utama konsorsium Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan saat ini pihaknya akan segera mendapatkan rel untuk kereta cepat. 12 ribu lintasan rel kereta cepat akan segera tiba di Indonesia, dikirim dari China.

"12 ribu lintasan rel kereta cepat sedang memasuki proses pengiriman dari Tiongkok ke Indonesia secara bertahap," kata Chandra di lokasi proyek tunnel #1 Halim, Selasa (15/12/2020).

Dia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat penyimpanan untuk 12 ribu lintasan rel itu di Bandung. Tepatnya di daerah Tegalluar. Bila sudah sampai pihaknya akan memulai pemasangan lintasan rel kereta cepat.

"Relnya segera mulai bisa dipasang, saat ini relnya sudah jalan ke pelabuhan di Indonesia diharapkan akhir tahun sudah datang. Kita sudah siapkan storagenya ada di Tegalluar," kata Chandra.

Adapun untuk infrastruktur kereta cepat, pembangunannya saat ini mencapai 64,4%. Hari ini salah satu tunnel alias lintasan bawah tanah baru saja selesai pengerjaannya.

Chandra juga mengatakan beberapa persiapan operasional yang dilakukan pihaknya selain melakukan pembangunan infrastruktur kereta cepat.