Wanti-wanti Jokowi di Peresmian Pelabuhan Patimban

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 06:45 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Pelabuhan Internasional Patimban fase 1 telah selesai dan resmi beroperasi. Kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan soft launching Pelabuhan yang berlokasi di Subang, Jawa Barat itu.

Setelah resmi beroperasi, Pelabuhan Patimban akan melaksanakan ekspor perdana. Barang yang diekspor adalah 140 unit mobil ke Brunei Darussalam.

Jokowi menyambut baik hal itu, namun dia mengingatkan bahwa Pelabuhan Patimban juga harus mendukung ekspor produk-produk lainnya terutama produk dalam negeri.

"Menggerakkan ekonomi UMKM, sektor pertanian, industri kreatif, serta produk-produk lainnya, sehingga mampu bersaing di pasar global," ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (20/12/2020).

Jokowi pun meminta kepada para menteri, gubernur, bupati, walikota dan pejabat terkait agar menggandeng para pelaku UMKM, koperasi dan perusahaan swasta untuk memanfaatkan pelabuhan tersebut.

"Memaksimalkan infrastruktur yang sudah kita bangun ini, dalam rangka menggairahkan ekonomi rakyat kita dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kita," tuturnya.

Jokowi berharap keberadaan Pelabuhan Patimban semakin terkonsolidasi dengan pengembangan industri dan perekonomian lokal. Selain itu bisa mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan memberikan kecepatan pelayanan di bidang logistik, sehingga membuat produk dalam negeri memiliki daya saing di pasar global.

Jokowi juga berbicara mengenai Pelabuhan Tanjung Priok dengan adanya pelabuhan yang baru ini.

Jokowi mengatakan proyek Pelabuhan Patimban ini memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian baik di Jawa Barat maupun nasional pada umumnya.

"Di tengah-tengah pandemi ini salah satu proyek strategis nasional yaitu pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama telah kita selesaikan, alhamdulillah," ucapnya.

Jokowi menjelaskan, Pelabuhan Internasional Patimban sendiri akan memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok. Menurutnya pelabuhan yang berada di kawasan utara Jakarta itu sudah terlalu padat dan menimbulkan kemacetan.

"Berfungsi untuk memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok yang sekarang ini sudah terlalu padat, serta telah menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta, Jakarta-Bekasi," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pelabuhan Internasional Patimban Resmi Beroperasi Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]