Rel Kebanjiran Ditinggikan, Kereta ke Semarang Berangsur Normal

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 14:07 WIB
Rel yang ditinggikan imbas banjir Semarang sudah bisa dilewati kereta
Foto: Dok. PT KAI
Semarang -

Rel yang ditinggikan di lokasi banjir Kota Semarang akhirnya bisa dilewati. Perjalanan kereta api berlangsung normal.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan sebelumnya sejak Sabtu (6/2) lalu kereta api tidak bisa melintasi petak Semarang Tawang - Alastua tepatnya di Km 2+700 sampai 3+100.

"Pihak PT KAI Daop 4 terus melakukan upaya dalam menangani jalur rel agar dapat segera dilalui KA. Perbaikan dengan alat kerja manual untuk meninggikan jalur rel terus dilakukan," kata Krisbiyantoro lewat pesan singkat, Selasa (9/2/2021).

Upaya peninggian dan uji coba dengan kereta perawatan jalan rel akhirnya hari ini bisa membuahkan hasil. Pukul 09.00 WIB, kereta bisa melintas dengan batas tertentu dan pukul 09.55 WIB dinyatakan normal.

"Pukul 09.55 WIB maka jalur lintas utara khususnya di petak jalan Semarang Tawang - Alastua dinyatakan normal kembali untuk dilalui KA dengan kecepatan 10km/jam," jelasnya.

Kereta pertama yang melintas adalah KA Maharani dari Surabaya dengan tujuan akhir Semarang. Pihak PT KAI meminta maaf atas gangguan perjalanan kereta selama banjir melanda.

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dengan keterlambatan sejumlah KA dan pelayanan selama kondisi banjir," tutur Krisbiyantoro.

Simak juga video 'Pemulihan Jalur KA, Rel di Semarang yang Terendam Banjir Ditinggikan':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/hns)