Pemprov Jabar Usul 5 Proyek Infrastruktur Prioritas, Ini Daftarnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 16 Feb 2021 21:45 WIB
Pelabuhan Patimban
Foto: Pelabuhan Patimban (Trio Hamdani): Pelabuhan Patimban

Ketiga adalah pengembangan kawasan perkotaan Cekungan Bandung. Pengembangan akan dilakukan mulai dari pemulihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum, pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Kertasari, dan penanganan sampah tuntas kawasan.

Pemprov Jabar juga akan melakukan pengintegrasian sistem angkutan umum massal perkotaan di sana dengan pembangunan kawasan metropolitan Bandung Raya. Proyek yang akan berjalan adalah reaktivasi rel kereta api Rancaekek-Tanjungsari-Kertajati, serta penyediaan Bandung Raya Bus Rapid Transit (BRT).

Keempat, adalah pengembangan wilayah Bodebekpunjur-Karpur (Bogor-Depok-Bekasi-Puncak-Cianjur- Karawang-Purwakarta). Di kawasan ini akan ada penanggulangan banjir dan longsor, masalah lainnya juga menyangkut ketersediaan air baku, sanitasi, persampahan, permasalahan pesisir dan pulau reklamasi, serta kemacetan.

Kelima, adalah pembangunan infrastruktur di Kota Bogor. Di titik ini akan dilakukan pemulihan DAS Cilamaya, pemulihan DAS Kali Bekasi, Wadu Cibeet di Kabupaten Karawang, Waduk Cijurey di Kabupaten Bogor, serta relokasi longsor Sukajaya. Selain itu, diusulkan pula untuk dilakukan penyediaan sarana transportasi di Kota Bogor.

Halaman

(hal/hns)