Habiskan Nyaris Rp 1 T, Ini Canggihnya Bendungan Tapin di Kalsel

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 12:43 WIB
Presiden Jokowi diagendakan meresmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (18/2) besok.
Foto: Muhammad Risanta
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Pembangunannya menghabiskan anggaran hampir Rp 1 triliun.

"Bendungan ini dibangun 5 tahun yang lalu 2015 dan telah selesai, menghabiskan anggaran Rp 986 miliar rupiah, hampir Rp 1 triliun," kata Jokowi dikutip detikcom dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021).

Jokowi menyebutkan sejumlah manfaat bendungan tersebut. Bendungan Tapin yang memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air ini, menurutnya memiliki peran sangat penting.

"Perannya sangat penting dalam pengendalian banjir, juga memperkuat ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi untuk 5.472 hektare, dan juga menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik, dan juga menghasilkan tenaga listrik 3,3 megawatt, gede sekali," ungkapnya.

Presiden Jokowi diagendakan meresmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (18/2) besok.Presiden Jokowi diagendakan meresmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (18/2) besok. Foto: Muhammad Risanta

Berdasarkan informasi dari Gubernur Kalimantan Selatan yang diterima Jokowi, adanya bendungan Tapin berhasil mengurangi banjir di Kabupaten Tapin sangat drastis.

"Inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, selain untuk menghasilkan listrik, selain untuk air baku juga dalam rangka pengendalian banjir," sebutnya.

Jokowi pun berbincang dengan warga di kawasan bendungan. Warga tersebut berharap dapat memanfaatkan bendungan tersebut sebagai daya tarik wisata.

"Kami juga mengharapkan bahwa masyarakat kami di sini tidak hanya sebagai penonton, Pak tetapi Kami ingin perubahan agar masyarakat diberdayakan melalui desa pariwisata, yang kami inginkan, Pak untuk desa pariwisata di tempat ini karena terbuka usaha untuk masyarakat di sini," ujar warga tersebut kepada Jokowi.

"Iya saya lupa tadi ini fungsi setelah melihat kondisi keindahan di sekitar waduk ini benar, Bapak betul, jadi ini bisa menjadi objek pariwisata bukan hanya di Kabupaten Tapin tapi di Provinsi Kalimantan Selatan, benar, setuju," tambahnya.

Simak video 'Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi: Penting dalam Pengendalian Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)