Kondisi Terkini Stasiun Manggarai yang Rencananya Gantikan Gambir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 12:50 WIB
PT KCI mendata adanya penurunan jumlah penumpang KRL. Hal itu terjadi setelah adanya imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan serta kerja dari rumah.
Stasiun Manggarai/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Stasiun Manggarai sejak akhir 2019 lalu direncanakan menjadi hub kereta api di Jabodetabek pada tahun 2021. Nantinya, peran Stasiun Gambir sebagai pelayanan kereta jarak jauh di Jakarta pun digantikan Stasiun Manggarai.

Berdasarkan pantauan detikcom pagi ini Kamis (18/2/2021), belum banyak perubahan yang terjadi di Stasiun Manggarai meskipun direncanakan menjadi hub kereta api Jabodetabek tahun ini.

Belum ada perubahan signifikan pada bentuk stasiun, mulai dari bangunan pintu masuk, loket, peron-peron, ataupun kawasan sekitar Stasiun Manggarai.

Stasiun Manggarai totalnya memiliki 9 lintasan dan peron, dua di antaranya adalah peron untuk kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Di area Stasiun Manggarai, juga berdiri Stasiun Kereta Api Bandara Manggarai.

Sementara itu, 7 lintasan dan peron sisanya digunakan untuk KRL commuter line berbagai relas, mulai dari tujuan ke Bogor, Jakarta, Bekasi, hingga Angke.

Selain 9 lintasan dan peron yang ada, di Stasiun Manggarai juga ada beberapa lintasan yang bentuknya layang. Namun lintasan tersebut belum digunakan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2