Pelabuhan Tanjung Carat Dibangun Akhir 2021, Menhub Cek Lokasi

Prima Syahbana - detikFinance
Sabtu, 20 Feb 2021 19:40 WIB
Menhub Budi Karya cek Pelabuhan Tanjung Carat Sumatera Selatan
Foto: Prima Syahbana/detikcom
Palembang -

Pembangunan Pelabuhan Internasional Tanjung Carat, Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) rencananya dimulai akhir 2021. Seiring rencana tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan pelabuhan tersebut.

Pantauan detikcom dilapangan, dalam peninjauan tersebut, dimulai Bandara SMB. II Palembang, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bergerak menggunakan Helikopter bersama Gubernur Sumsel, Herman Deru, Pejabat Kementerian Maritim dan Investasi, Pejabat Kementerian Bappenas serta pejabat instansi lainnya dan dilanjutkan dengan naik speed boat menuju ke lokasi.

"Hari ini kita meninjau langsung lokasi dimana akan dibangunnya pelabuhan internasional yakni Pelabuhan Tanjung Carat," kata Budi Karya kepada detikcom saat berada di atas Heli, Sabtu (20/2/2021).

Sesampainya di Tanjung Carat, Budi menjelaskan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, tahun ini sudah dilakukan Ground Breaking, dan proyek pelabuhan tersebut bisa rampung di 2023.

"Kita tadi sudah ketemu satu titik, baik dari jangkauan dan kelayakan sepertinya sudah memadai, lokasi tersebut memiliki kedalaman kurang lebih dari 12 meter," ungkapnya.

Semua kriteria, lanjutnya, sepertinya sudah terpenuhi, untuk itu berita baik ini akan kita sampaikan ke Presiden agar pembangunan tersebut bisa dilaksanakan.

Mengenai pembiayaan proyek pelabuhan Tanjung Carat, Menhub menyebut, akan menyiapkan dana sekitar 5 triliun, dalam 3 tahapan.

"Ya kita akan siapkan dana 5 triliun untuk 3 tahap proses pembangunan tersebut. Tahap pertama akan kita siapkan Rp 1,5 triliun. Proyek ini akan digarap secara solutif, yang dari pemerintah akan diusulkan dari APBN," terangnya.

Artinya pemerintah menyediakan lahannya dulu, setelah itu dilelang ke pihak swasta untuk pembangunannya seperti dermaga, crane, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

"Pemerintah menyediakan tanah dan prasarana seperti jalan, sedangkan dermaga, crane, fasilitas dan lainnya itu akan di investasi oleh pihak swasta yang menang tender," jelasnya

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan rombongan kementerian yang lengkap dalam melakukan peninjauan proyek pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

"Kedatangan pihak kementerian yang komplit ini tentu membuat kami semakin optimis terkait pembangunan pelabuhan tersebut agar segera dan berjalan dengan lancar. Kita mengharapkan adanya pelabuhan ini karena memang dibutuhkan bukan untuk tambahan fasilitas. Puluhan tahun kita nantikan keputusan pembangunan pelabuhan ini dengan melalui proses yang panjang," ungkapnya.

(hns/hns)