Diresmikan Jokowi, Bendungan Sindangheula Pengendali Banjir di Serang

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 16:37 WIB
Presiden Joko Widodo resmikan Bendungan Sindangheula di Banten
Presiden Joko Widodo resmikan Bendungan Sindangheula di Serang, Banten/Foto: Dok. Pemprov Banten
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindangheula di Serang, Banten. Bendungan ini merupakan proyek strategis nasional dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik dan bisa menyumbang air baku untuk Serang dan Cilegon.

Peresmian bendungan dengan kemampuan suplai air baku 800 liter per detik ini ditandai dengan penandatanganan prasasti bendungan. Hadir dalam peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Gubernur Banten Wahidin Halim dan beberapa kepala daerah di kabupaten kota se-banten

"Alhamdulillah hari ini Bendungan Sindangheula yang dibangun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan," kata Jokowi di Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

Presiden mengatakan, bendungan ini juga bisa meningkatkan produksi pertanian di Banten. Kapasitas air 9,3 juta meter kubik bisa mengaliri irigasi ke 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan sekitarnya.

Selain itu, kawasan industri di Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon bisa memanfaatkan air baku dari bendungan ini hingga 080 meter kubik per detik. Saat ini separuhnya yaitu 0,40 meter kubik sudah dimanfaatkan oleh Provinsi Banten.

"Ketiga bendungan ini bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi mengurangi banjir 50 meter kubik per detik, dari meluapnya yang biasanya meluap Sungai Ciujung dan Cidurian yang sering menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya," ujarnya.

Tapi, selain beberapa manfaat di atas, Bendungan Sindangheula bisa menghasilkan listrik 0,40 megawatt. Jadi, presiden mengatakan bahwa potensi listrik ini bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik hidro power.

Terakhir, presiden juga meminta bendungan bisa dimanfaatkan untuk konservasi dan potensi destinasi wisata bagi Provinsi Banten. Ia berharap pemerintah daerah bisa menjaga bendungan agar bisa memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Saya minta pemda dan masyarakat menjaga bendungan sebaiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengucap bismillah hari ini saya resmikan Bendungan Sindangheula," pungkasnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan dengan difungsikannya bendungan ini, potensi banjir khususnya di Kota Serang dan CIlegon bisa dikendalikan.

"Kami masyarakat Banten mengucapkan terima kasih dengan dibangunnya bendungan ini, mudah-mudahan bisa mengendalikan banjir di dua kota Cilegon dan Serang," kata Wahidin di Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

Wahidin juga menambahkan bahwa pertanian di sebelah utara Serang bisa mendapat manfaat dengan adanya bendungan ini. Air baku untuk daerah industri seperti Cilegon juga bisa mendapat manfaat dari Bendungan SIndangheula.

"Lebih-lebih sekarang banyak industry membutuhkan air minum," ujarnya.

Di hadapan presiden, selain bicara bendungan, gubernur juga melaporkan soal kondisi COVID-19. Berkat dukungan semua pihak mulai dari pemda, pemkot, TNI-Polri dan masyarakat daerahnya saat ini mayoritas berada di zona kuning. Dalam waktu dekat, ia berharap daerahnya ada di zona hijau dan bebas dari virus.

"Sebagian sudah zona kuning dan kita berharap bulan depan zona hijau," pungkasnya.

(bri/hns)