Jokowi Mau Lanjutkan Mega Proyek Hambalang Rp 2,5 T Era SBY

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 16 Mar 2021 12:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan dia tidak berminat menjadi presiden untuk 3 periode
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Jawa Barat yang sudah bertahun-tahun mangkrak atau terbengkalai.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Hambalang akan disulap menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Zainudin dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2021).

Hambalang bukan satu-satunya proyek yang akan dikebut pemerintah. Masih ada proyek lainnya yang juga akan dibuat untuk para atlet nasional.

"Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar," ucapnya.

Kabar pemerintah membangkitkan kembali Hambalang memang sudah terendus sejak lama. Jokowi menjanjikan akan melanjutkan Proyek peninggalan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sejak 2016, namun hingga kini belum juga terealisasi.

Kala itu, Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengkaji kemungkinan untuk melanjutkan proyek tersebut. Setidaknya, ada dua arahan khusus Jokowi terkait proyek Hambalang.

Apa arahan khusus dari Jokowi? klik halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Melihat Kondisi Mega Proyek Hambalang yang Mangkrak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2