Pengguna XL Nggak Dapat Sinyal di Jalur MRT, Terus Gimana Dong?

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 17 Mar 2021 14:52 WIB
Kereta MRT Jakarta yang tengah melakukan uji persinyalan telah melaju hingga stasiun terakhir di Bundaran HI. Untuk pertama kalinya, kereta MRT Jakarta melintas di jalur bawah tanah.
Foto: Istimewa/MRT Jakarta
Jakarta -

Mulai 4 Maret 2021 lalu, jaringan provider XL tidak lagi dapat diakses di dalam kereta MRT Jakarta. Hal tersebut menyusul berakhirnya kerja sama PT XL Axiata Tbk dengan PT Tower Bersama (TBG) selaku mitra penyedia dan pengelola infrastruktur telekomunikasi di MRT Jakarta.

Lalu, apa solusinya?

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menyampaikan kini pihaknya sudah menyiapkan solusi terkait permasalahan tersebut. MRT Jakarta kini telah menyediakan layanan Wi-Fi gratis. Hanya saja, Wi-Fi gratis ini cuma dapat diakses di area concourse atau beranda peron stasiun.

"Ada 1 issue yang kemarin sempat diangkat oleh masyarakat, pengguna khususnya yang menggunakan XL tapi kemudian sudah kita coba mitigasi, jadi saat ini tersedia Wi-Fi gratis di area beranda peron di stasiun MRT Jakarta," ujar William dalam diskusi virtual, Rabu (17/3/2021).

Alasan Wi-Fi gratis ini hanya tersedia di area concourse di 13 stasiun saja agar dapat memudahkan pengguna MRT mengakses internet terutama saat hendak membeli tiket dan mobilisasi lainnya.

Selain XL, jaringan provider lainnya yang bermitra dengan MRT dipastikan tetap bisa diakses dengan lancar. Sebagaimana diketahui, selain dengan XL, TBG juga bekerja sama dengan sejumlah provider lain yakni Telkomsel, Indosat, Smartfren dan Tri. Keempat provider tersebut sampai sekarang masih bermitra dengan TBG.

"Semua kita fasilitasi tapi ini mungkin khusus bagi teman-teman yang providernya tidak ada di dalam 4 yang sekarang ini berkolaborasi, bermitra dengan mitra bisnis MRT Jakarta yaitu Telkomsel, Indosat, Smartfren dan Tri. Kalau tidak punya itu silahkan bisa memanfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis yang bisa didapatkan di MRT Jakarta," timpalnya.

Tonton juga Video: Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)