Nggak Sabar Naik MRT Sampai Harmoni? Begini Progres Pembangunannya

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 31 Mei 2021 15:04 WIB
Pandemi COVID-19 berdampak ke berbagai sektor di Indonesia. Pembangunan MRT Jakarta fase II pun dipastikan mundur akibat terdampak pandemi.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Progres pembangunan fase 2A MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga Harmoni telah mencapai 16,56% per akhir 25 Mei 2021. Sementara progres bulan sebelumnya di tanggal yang sama adalah 15,36%.

"Kegiatan konstruksi kita progres CP201 dari Bundaran HI sampai ke Harmoni per 25 Mei 2021, progresnya mencapai 16,56% sedikit di atas target. Jadi kita boleh katakan kita still on target, 16,56%," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar dalam paparan progres MRT fase 2 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Beberapa pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan D-Wall di Stasiun Thamrin sebanyak 4 panel, guide wall di utara Stasiun Thamrin, dan beberapa pekerjaan fisik lainnya.

Untuk diketahui, secara keseluruhan pembangunan proyek CP201 Bundaran HI-Harmoni ini mencakup pembangunan terowongan bawah tanah sepanjang 2.677 meter dan pembangunan dua stasiun, yakni Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

Sejauh ini, yang sudah dikerjakan pihak MRT Jakarta di paket kontrak CP201 itu tentunya meliputi pengerjaan kedua stasiun tersebut. Untuk Stasiun Thamrin yang sudah dikerjakan adalah pekerjaan power blender dan pekerjaan guide wall di shaft selatan, relokasi drainase shaft selatan, dan pekerjaan jet grout di area Bundaran HI. Selain itu, juga sudah ada pemasangan Silo berisi material Bentonite untuk membantu proses galian di Kawasan Thamrin.

Sedangkan, untuk Stasiun Monas yang sudah dilakukan adalah pembangunan atau relokasi Pos Polisi Medan Merdeka, membangun D-wall dan Kingpost Stasiun Monas, dan pekerjaan Jet Group di RSS (Bundaran HI).

Proyek MRT Jakarta fase II sudah dibangun sejak 24 Maret 2019. Namun pembangunannya sempat berhenti karena pandemi COVID-19 dan pada 15 Juni 2020 pengerjaannya jalan lagi.

MRT Jakarta Nyambung Sampai Kota Tua Agustus 2027


Rute MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga ke Kota Tua ditargetkan rampung pada Agustus 2027. Saat ini berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk pembangunan fisik, yakni dari Stasiun Thamrin ke Stasiun Monas.

Target operasional Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas adalah pada Maret atau April 2025. Progres pembangunan hingga 25 Mei 2021 adalah 16,56%.

"Yang penting kita pastikan di sini bahwa sampai hari ini jadwal kita untuk operasional fase I dari Bundaran HI sampai Harmoni, which is operation of 2 stasiun, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas itu di bulan Maret April 2025," kata William.

Dijelaskannya, saat ini financial dan proposal negotiation sedang dilakukan, dan diharapkan akan dapat persetujuan dari pihak Jepang sekitar tanggal 25 Juni hingga 13 Juli. Kemudian penandatanganan kontrak diharapkan di bulan Juli.

"Sehingga di bulan Juli kita bisa mengumumkan pekerjaan untuk lanjutan CP202 dari Harmoni sampai ke Mangga Besar, ditambah dengan 205 pembuatan sistem dari jalur MRT Bundaran HI sampai ke Mangga Besar itu dilaksanakan," tuturnya.

Dia lanjut menjelaskan, ditargetkan MRT Jakarta akan beroperasi hingga Kota Tua pada Agustus 2027.

"Yang sampai ke Kota Tua itu pada bulan Agustus 2027. Ini masih betul-betul kita coba jaga agar schedule itu bisa tercapai," tambah William.



Simak Video "Ketika Stasiun MRT Bundaran HI Disulap Jadi Tempat Wisata Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)