Jokowi Bangga LRT Jabodebek Dibangun oleh Kolaborasi Lokal

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 12:58 WIB
Proyek LRT Jabodebek
Foto: Dok Detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap proyek LRT Jabodebek dibangun 100% oleh produsen kereta api dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Industri Kereta Api (INKA). Selanjutnya, akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sementara, konstruksinya dipercayakan oleh BUMN konstruksi PT Adhi Karya Tbk (ADHI).

"LRT ini 100% dikerjakan oleh PT INKA terus nantinya akan dioperasikan oleh PT KAI. Semua dikerjakan di Indonesia. Termasuk juga konstruksi juga dibangun oleh PT Adhi Karya," ungkap Jokowi, dikutip dari Live Streaming Sekertariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya, dengan Indonesia bisa membangun LRT sendiri bisa menjadi sebuah pengalaman dan terobosan untuk bisa mengekspor LRT ke negara lain.

"Saya kira pengalaman dalam pembangunan ini yang kita butuhkan sehingga memiliki pengalaman membangun kontruksi LRT, yang mana yang membangun kereta oleh PT INKA. Ini menjadi sebuah fondasi ketika kita ingin membangun LRT dan membangun kereta untuk negara lain. Sekarang kan kita udah ekspor ke Bangladesh dan Filipina. Saya harapkan LRT juga seperti itu," paparnya.

Hingga saat ini, progres LRT Jabodebek sudah mencapai 84,7% dan diharapkan bisa uji coba pada April 2022 dan operasional Juni 2022.

Dengan selesainya proyek LRT, Jokowi berharap adanya transportasi massal seperti MRT, Kereta Bandara, Trans Jakarta, termasuk LRT bisa mempermudah masyarakat untuk bepergian.

"Kenapa LRT ini dibangun, kita ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi. MRT, LRT, kereta bandara, Bus Trans Jakarta, semuanya terintergrasi. Sehingga terjadi efisiensi saat orang pergi dr satu titik ke titik lain. Kita harapkan kita masuk pada titik-titik lain," jelasnya.

Sebagai informasi, dikutip dari laman resmi PT INKA. Perusahaan ini merupakan produsen kereta api terigrasi pertama di Asia Tenggara. Perusahaan BUMN ini selain dioperasikan di Indonesia, produk INKA juga telah menyebar dan beroperasi di banyak negara di dunia seperti Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Thailand.

PT KAI juga bagian dari BUMN. Perusahaan ini menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia, sebagaimana dikutip dari laman resmi PT KAI. Selain itu, perusahaan juga mengelola properti terkait jasa kereta api, pariwisata berbasis kereta api, restoran di kereta api dan di stasiun, termasuk jasa katering dan distribusi logistik

(dna/dna)