Ada Bandara Purbalingga, Hutama Karya Harap Mobilitas Makin Mudah

Khoirul Anam - detikFinance
Rabu, 16 Jun 2021 17:36 WIB
Landasan pacu Bandara Purbalingga
Foto: dok. Hutama Karya
Jakarta -

Hutama Karya telah menyelesaikan pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng). Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan dalam pengerjaan proyek tersebut, pihaknya mengerjakan runway 1.600 m x 30 m (flexible) sebagai landasan pacu, taxiway 70 m x 13 m (flexible) sebagai jalan penghubung antara runway ke apron, dan apron 100 m x 76 m (flexible) yang digunakan sebagai tempat parkir pesawat terbang serta sarana pendukung lainnya.

"Kami telah memulai pembangunan bandara ini sejak tahun 2019 lalu. Meski dalam perjalanan pembangunannya dihadapkan dengan pandemi COVID-19, namun atas komitmen dan kerja cerdas Insan Hutama Karya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di lingkungan proyek, pembangunan Bandara JB Soedirman dapat rampung sesuai target," ujar Novias dalam keterangan resminya, Rabu (16/6/2021).

Novias juga mengungkapkan, kehadiran bandara JB Soedirman diharapkan mempermudah mobilitas masyarakat dan dapat mengakomodasi peningkatan arus barang dan jasa lebih baik.

Adapun bandara tersebut telah digunakan mendaratkan pesawat khusus ATR 72-600 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo pada Jumat (11/6) lalu. Kehadiran Jokowi di Purbalingga tersebut bertujuan untuk meninjau operasional bandara.

"Saya berharap dengan adanya bandara ini dapat memudahkan mobilitas masyarakat sehingga dapat mengakomodir peningkatan arus barang dan jasa lebih baik kedepannya,'' ujar Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga menyampaikan rasa bangga atas rampungnya bandara ini.

"Dengan adanya bandara ini seperti the dream comes true, karena sejak saya masih menjadi anggota DPR RI, sejak Pak Triono menjadi bupati, ada lima bupati yang mendukung untuk pembangunan Bandara ini dan akhirnya sejarah panjang itu terwujud hari ini, saya bisa menyaksikan langsung pendaratan perdana," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengajak kepada masyarakat untuk dapat memakmurkan Bandara JB Soedirman ini agar manfaatnya bisa dirasakan bersama. Dia berharap, bandara ini dapat menjadi pembangkit perekonomian, khususnya di Jateng bagian barat selatan.

(prf/hns)