Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Bandara Kertajati?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 12 Sep 2021 12:45 WIB
Bandara Kertajati sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Yuk lihat dari dekat berbagai sisi bandara ini.
Foto: Rachman Haryanto

Tak banyak penerbangan yang dilakukan di Kertajati saat ini menurut Rafi. Kebanyakan penerbangan yang dilakukan adalah penerbangan kargo, seperti diketahui ada Garuda Indonesia yang membuka rute kargo ke Batam.

Sisanya ada juga beberapa pesawat charter yang hilir mudik, itu pun jumlahnya tak banyak. Paling anyar, Bandara Kertajati juga digunakan untuk tempat parkir pesawat tentara Amerika Serikat yang melakukan pelatihan di Indonesia.

"Kemarin kita masih ada beberapa pesawat charter, kargo juga jalan. Terus paling baru ada pesawat training C17 US Air Force mendarat di Kertajati," ungkap Rafi.

Sebagai gambaran minimnya traffic penerbangan, Rafi sempat memaparkan survei internal BIJB pada ratusan penumpang di Bandara Kertajati. Paling besar 46% adalah perjalanan dinas, sedangkan saat ini perjalanan dinas justru sedang ditahan.

Paling besar kedua adalah penerbangan yang dilakukan oleh mahasiswa. Itu pun sama, kampus belum ada yang membuka kegiatan belajar mengajar secara langsung maka mahasiswa dari daerah tidak melakukan perjalanan.

"Dari 650 penumpang disurvei, yang 46% itu perjalanan dinas, dia paling gede. Tapi kan karena perjalanan dinas dialihkan dan pegawai diminta kerja di rumah ya nggak ada perjalanan," papar Rafi.

"Kemudian paling banyak kedua itu anak sekolah, itu juga kuliah di rumah semua. Jadi traffic ya kurang sekali memang," lanjutnya.

Dari pantauan terakhir detikcom awal April yang lalu, kondisi Bandara Kertajati memang terbilang sepi bahkan bisa dikatakan tidak seperti bandara pada umumnya yang banyak didatangi para penumpang pesawat.

Sepinya Bandara Kertajati sudah terlihat sejak dari jalan masuk menuju kawasan bandara yang hanya dilintasi oleh beberapa kendaraan saja tiap jamnya. Kemudian area parkir bandara yang juga terlihat kosong tanpa adanya kendaraan yang terparkir.

Selanjutnya di area lantai 1 yang merupakan pintu masuk penumpang juga terlihat lengang. Sejumlah bangku yang disediakan di sana juga tampak kosong melompong dan hanya ada beberapa petugas yang berjaga di pos informasi.

Tenant-tenant pedagang yang ada di area lantai 1 itu juga tutup. Dari tiga tenant yang dilihat detikcom, hanya ada satu tenant yang masih tetap buka. Tenant itu buka tentunya hanya dikunjungi oleh pegawai Bandara Kertajati yang masih beraktivitas di sana.

Tonton juga Sosok Stanve, Jago Matematika Tingkat Dunia Asal Tangerang

[Gambas:Video 20detik]




(hal/zlf)