Ditarget Kelar Akhir Tahun, Tol Cisumdawu Kembali 'Diledakkan'

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 14:00 WIB
Pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61,5 kilometer (km) ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Namun, Seksi VI Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 6 km yang merupakan akses langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) hingga saat ini masih progres pembebasan lahan.
Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta -

Bahan peledak generasi kelima dengan brand DABEX digunakan lagi untuk mempercepat Project Pembangunan Nasional (PSN) pembangunan Tol Cisumdawu. Proses peledakan menjadi salah solusi untuk percepatan penyelesaian project yang dihadang oleh medan yang cukup berat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu di Jawa Barat ini dapat diresmikan pada akhir 2021.

Direktur Operasi PT DAHANA (Persero) Bambang Agung mengaku puas atas progres pekerjaan tim di lapangan yang menggunakan bahan peledak DABEX.

"Aplikasi bahan peledak DABEX pada peledakan di sektor konstruksi jalan tol merupakan solusi agar pembangunan jalan tol bisa efektif dan efisien," ungkap Bambang Agung dalam keterangan resmi, seperti dikutip Kamis (16/9/2021).

Agung juga menjelaskan bahwa generasi kelima bahan peledak curah dan generasi keempat sistem inisiasi bahan peledak hadir sebagai solusi terhadap dampak peledakan dan memiliki kemampuan mengakselerasi penyelesaian proyek lebih cepat khususnya PSN yang banyak dikelola oleh BUMN Karya.

"Ada 4 hal yang menjadi kunci dalam mengelola dampak peledakan pada proyek konstruksi. Yang pertama yaitu teknologi bahan peledak. Yang Kedua adalah kemampuan penyediaan dan pengoperasian peralatan pendukung peledakan. Yang ketiga adalah kompetensi team yang melakukan pekerjaan peledakan dan yang keempat adalah balutan sistem manajemen yang terukur untuk menjaga kegiatan peledakan comply dengan standar yang digunakan secara internasional," terang Bambang Agung.

Simak Video: Proyek Tol Cisumdawu, Molor 10 Tahun-Anggaran Bengkak

[Gambas:Video 20detik]