Rencana Besar Bandara Kertajati: Jadi Bengkel Pesawat-Pusat Logistik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 14:26 WIB

Rafi menjelaskan, dalam rapat terbatas pada bulan Mei kemarin ditetapkan pesawat TNI Polri yang bakal lebih dahulu menggunakan fasilitas bengkel pesawat Kertajati.

Dia bilang demand alias permintaan pemeliharaan pesawat TNI-Polri sangat besar. Apalagi, armada-armada tersebut digunakan setiap saat.

"Jadi MRO segera dibangun, demand-nya TNI-Polri. Karena TNI-Polri nggak pernah berhenti pesawatnya, patroli dia. Melayani itu dulu, kan demand-nya bisa membantu menghidupkan kembali," ungkap Rafi.

Tak berhenti di situ, Badan Penanggulangan Bencana Nasional alias BNPB juga bakal langsung menggunakan fasilitas MRO Bandara Kertajati. Khususnya untuk helikopter pemadam kebakaran hutan.

Selama ini, helikopter-helikopter milik BNPB itu diparkir di luar negeri. Tepatnya, di Subang Airport, Malaysia. Dengan adanya Kertajati, BNPB bakal mengarahkan helikopternya untuk diparkir dan dipelihara di dalam negeri. Rencananya, bulan November bakal dilakukan pemindahan secara bertahap.

Kalau nggak atau sudah selesai memadamkan, mereka (helikopter BNPB) parkirnya di Subang, Malaysia. Kemarin arahannya, kenapa ke Malaysia, ke Kertajati aja itu. Itu juga diarahkan pak Menteri Pertahanan untuk ditempatkan bulan November, ini dalam proses," kata Rafi.

Lalu ada pengembangan apa lagi di sana? Lihat di halaman berikutnya.