Goks! Hotel Full Booked buat Acara Superbike-MotoGP Mandalika, Harga Naik 50%

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 10:51 WIB
Garasi tim MotoGP (pit building) Sirkuit Mandalika mulai dibangun
Foto: Instagram @themandalikagp

Harga hotel pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP. Dari harga saat ini Rp 400 ribuan/malam di Puri Rinjani, khusus di tanggal kedua acara tersebut harganya jadi Rp 800 ribu/malam.

"Kalau harga kita jualnya di harga high session. Kalau sekarang kita masih di kisaran Rp 400 ribu, tapi untuk di tanggal-tanggal (acara) itu kita sampai Rp 700-800 ribu. Kalau sekarang sebenarnya juga harga pandemi," tuturnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Asosiasi Mandalika Hotel Samsul Bahri menambahkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit untuk menyediakan akomodasi bagi pembalap hingga kru yang terlibat. Jadi selain dipesan oleh calon penonton, hotel sekitar lokasi juga sudah penuh dengan 'orang dalam'.

Terkait harga hotel yang mengalami kenaikan saat acara Superbike dan MotoGP, Samsul menilai wajar. "Dalam satu tahun industri hotel dibagi jadi tiga musim yaitu low session, high session dan fix session. Dikarenakan ini adalah event tahunan dan sudah terjadwal, kami kategorikan ini sebagai fix session, tentu harganya juga ada kenaikan," jelasnya.

Samsul yang memegang kendali JM Hotel juga mengaku ada kenaikan harga hingga 50%. Dari sebelum COVID-19 mulai dari Rp 450 ribuan, untuk penginapan saat acara Superbike jadi Rp 750 ribuan.

"Berapa persen tergantung dari kebijakan masing-masing hotel, ada yang 50%. Untuk MotoGP kami akan ada maintenance yang cukup besar setelah WSBK, jadi kita harus berkoordinasi dengan owner kami untuk menyesuaikan kondisi properti hotel kami dengan harga untuk MotoGP," tandasnya.



Simak Video "Gelar WSBK, Pemerintah Siapkan Strategi di Mandalika Biar Nggak Macet"
[Gambas:Video 20detik]

(aid/ang)