Pemerintah Tetapkan Standar Baru Layanan Jalan Tol, Ini Aturannya

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 07:40 WIB
Selangkah lagi, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bakal bisa ditempuh penuh lewat jalan tol. Jalan akses langsung ke jalan tol ditargetkan selesai bulan September 2021.
Ilustrasi/Foto: A.Prasetia/detikcom

Sudirman melanjutkan, nantinya jalan tol dan rest area diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan wilayah di sekitarnya. Salah satunya dengan mengutamakan ketersediaan ruang usaha untuk para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di rest area.

Ketersediaan UMKM di rest area dapat meningkatkan promosi brand produk lokal kepada masyarakat sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Persentase tenant UMKM dan non UMKM yang berada di rest area jalan tol seluruh Indonesia saat ini yakni sebanyak 76% UMKM dan 24% non UMKM.

"Melalui branding produk dan budaya lokal serta dilengkapi dengan peningkatan estetika lingkungan, diharapkan dalam lima tahun ke depan setiap ruas tol dan rest area memiliki karakteristik yang khas sehingga dapat difungsikan juga sebagai objek wisata lokal, "ungkapnya.

Tuti, salah satu pengunjung rest area di ruas tol Solo-Ngawi menilai kondisi sejumlah rest area kini sudah lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Fasilitasnya sudah cukup lengkap dan bersih. Sudah ada toilet, mushola, tempat makan. Semoga bisa lebih ditingkatkan lagi terutama dapat dijaga terus kebersihannya agar masyarakat merasa lebih nyaman," ucapnya.

Ade, salah satu pedagang UMKM di rest area ruas tol Surabaya-Gempol mengungkapkan apresiasinya terhadap penyediaan ruang dan fasilitas untuk UMKM di rest area.

"Untuk segi fasilitas, sampai sekarang belum ada masalah selama saya berdagang di sini. Air dan listrik lancar, tempatnya juga sudah cukup nyaman untuk berdagang. Harapan saya semoga UMKM di semua rest area bisa lebih didukung lagi, supaya ekonominya bisa pulih lagi setelah pandemi ini," katanya.


(eds/eds)