Sederet Fasilitas 'Wah' JIS yang Siap Sambut BTS

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 16:34 WIB
Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut. Berdasarkan instruksi Anies, JIS akan diresmikan pada Desember 2021, kini bagaimana progres pembangunannya?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ada kabar gembira buat para Kpopers. Sebab, diungkapkan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS) berencana menggelar konser di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 2022.

Widi mengklaim JIS akan dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang dapat mendukung gelaran konser berskala besar.

"Sound system-nya juga menggunakan echo jadi kalau pun nanti ada BTS, rencana BTS akan manggung juga mungkin di tahun depan, itu nanti menggunakan sound yang bagus," katanya, dikutip detikcom dari Antara, Jumat (22/10/2021).

Atap JIS juga didesain bisa ditutup sehingga suara musik terdengar lebih bagus dibanding konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang atapnya terbuka.

"Atap kita tutup, jadi suaranya sangat bagus, beda dengan yang di GBK, karena kita pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan," ungkap Widi.

Pembangunan JIS ditugaskan kepada PT Jakpro, di mana AD-ART PT Jakpro dapat membangun dan mengelola stadion sebagai salah satu properti kota. Serta memiliki portofolio dalam membangun dan mengelola sarana olahraga skala internasional, yaitu Velodrome dan Equestrian (Asian Games 2018).

Pembangunan JIS membutuhkan pendanaan sebesar Rp 4,5 triliun dengan sumber pendanaan seluruhnya melalui melalui APBD (penyertaan modal daerah). Sedangkan pengelolaan fasilitas akan dikelola oleh PT Jakpro dengan sumber pendanaan lain.

Pembangunan JIS pun terus dikebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di tengah pandemi COVID-19. Berdasarkan instruksi Anies, JIS akan diresmikan pada Desember 2021.

Kecanggihan Jakarta Internasional Stadium bisa dibaca di halaman selanjutnya.