Jabar Masuk Provinsi Prioritas Program Infrastruktur Hijau RI-Jerman

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 20:32 WIB
Sungai Citarum
Foto: Pemprov Jabar
Jakarta -

Provinsi Jawa Barat masuk dalam provinsi prioritas program infrastruktur hijau yang disebut sebagai Green Infrastructure Initiative (GII). Program tersebut merupakan hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan lembaga ahli Jerman.

Kick Off Steering Commitee Meeting Jerman-Indonesia untuk Green Infrastructure Initiative telah dilakukan bersama Menko Marves RI sejak Maret 2021. Sebagai tindak lanjut kerja sama tersebut, Kemenko Marves dan tim penilai GII di Bandung telah menggelar workshop bersama empat provinsi prioritas yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Hal yang dibahas antara lain sektor pembiayaan pengelolaan air, pengolahan limbah, sampah padat, dan transportasi publik perkotaan. Adapun tim ahli GII, yakni Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) meninjau beberapa lokasi di DAS Citarum, Kabupaten Bandung, Rabu (27/10).

Peninjauan dipimpin Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam pada Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Mochamad Saleh Nugrahadi.

Mereka mengunjungi empat titik DAS Citarum, yaitu kolam retensi Cieunteung Baleendah di Sektor 6, Taman Wisata Desa atau Pembibitan Kertasari di Sektor 23, Situ Cisanti di Sektor 1 Kertasari, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Terpadu PT MCAB di Jalan Cisirung.

Saleh mengatakan tujuan mereka mengunjungi lokasi-lokasi tersebut dengan mengundang tim penasihat GIZ adalah untuk memperkenalkan dan melihat kemajuan Citarum dalam kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jerman.

"Citarum menjadi contoh yang vital mewakili Jawa Barat dan nasional, baru ada kali ini proyek sungai yang menjadi perpres, " jelas Saleh dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (29/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Saleh menuturkan tim ahli ingin melihat secara langsung di lapangan isu-isu di Citarum agar bisa menjadi pembelajaran dan inspirasi bagi provinsi lain.

"Jabar dapat mengajukan proyek Citarum dan melihat dari sini bisa diajukan proposal kepada GIZ Jerman yang terdapat dana hibah 4,4 juta euro untuk feasibility study (FS) atau uji kelayakan di empat provinsi prioritas tersebut itu tujuan kami ke sini," ulas Saleh.

Langsung klik halaman berikutnya >>